10 Cara Mengatasi Hipotensi

10 Cara Mengatasi Hipotensi

Sederhana dan mudah cara mengatasi hipotensi atau tekanan darah rendah, misalnya dengan cara cukup minum dan menghindari cuaca panas.tekanan darah menentukan kekuatan darah yang berada pada didnding pembuluh saat jantung berdetak.

Seseorang dengan hipotensi berarti mengalami keadaan yang tidak normal yang berarti darah mengalami terlalu sedikit kekuatan pada dinding pembuluh yang akan menyebabkan organ-organ vital seperti otak dan jantung memiliki aliran darah yang rendah. Seseorang dengan tekanan darah rendah bisa mengalami keluhan seperti rasa lemas dan pusing.

Ada beberapa penyebab hipotensi, beberapa obat juga bisa menyebabkan hipotensi. Misalnya pasien yang mengkonsumsi obat tekanan darah karena mengalami tekanan darah tinggi (hipertensi) beresiko mengidap hipotensi. Ada beberapa obat tekanan darah yang bekerja dengan meningkatkan lebar pembuluh darah sehingga menurunkan tekanan darah.

cara-mengatasi-hipotensiTetapi penyebab hipotensi karena pengobatan tekanan darah tinggi saat ini sudah jarang terjadi bagi obat-obatan terbaru. Beberapa obat tekanan darah bersifat diuretik dan bekerja dengan menghilangkan cairan dalam tubuh sehingga mengurangi volume darah, jenis obat-obatan seperti obat penenang, anti depresi, diuretik dan minuman berbahaya adalah contohnya.

  10 Cara Cepat Mengatasi Rasa Takut

Kondisi jantung tertentu seperti gagal jantung kongestif, serangan jantung dan aritmia juga dapat menyebabkan hipotensi. Pendarahan parah atau dehidrasi yang menyebabkan muntah, berkeringat dan buang air kecil yang parah, diare adalah penyebab lain hipotensi. Kondisi yang dapat merusak ujung saraf seperti diabetes dan cedera tulang belakang dapat mempengaruhi bagaimana tubuh mengatur lebar pembuluh darah yang menyebabkan tekanan darah rendah.

Jadi, bagaimana cara mencegah hipotensi? Berikut ini beberapa tipsnya:

1. Minum banyak air putih untuk mempertahankan volume darah dan menghindari dehidrasi. Hal ini sangat penting terutama saat melakukan aktivitas fisik atau saat cuaca lagi panas-panasnya. Kedaan ini bisa menyebabkan keluarnya keringat berlebih karena suhu tubuh meningkat, pembuluh darah merespon dengan cara melebarkan ukurannya sehingga terjadilah hipotensi.

2. Jika Anda menderita diare atau muntah yang parah, cara mencegah hipotensi adalah dengan minum banyak air putih yang menjaga tubuh terhidrasi.

3. Hindari mandi air panas atau mandi yang menyebabkan suhu tubuh meningkat.

4. Setelah beristirahat atau duduk, berdirilah perlahan-lahan dan hati-hati untuk membantu tubuh menyesuaikan diri dengan gaya gravitasi.

  Cara Singkat Mempercantik Diri Dengan Mengkonsumsi Buah-buahan

5. Pastikan untuk mendapatkan tidur yang cukup. Kurang tidur juga merupakan faktor penyebab hipotensi, khususnya hipotensi ortostatik.

6. Makan dengan porsi kecil. Makan dengan porsi yang besar bisa meningkatkan resiko terkena hipotensi, hal ini terjadi karena proses pencernaan membutuhkan banyak darah. Jadi, daripada makan tiga kali sehari dengan porsi besar lebih baik makan lebih sering dengan porsi kecil untuk menyehatkan sistem pencernaan.

7. Hindari minuman mengandung zat berbahaya.

8. Hindari berdiri dalam waktu yang lama.

9. Beberapa ahli merekomendasikan memakai stoking karena membantu mengurangi akumulasi darah di tubuh bagian bawah yang terjadi akibat tiba-tiba berdiri.

10. Jika Anda baru saja mengkonsumsi obat seperti anti depresi dan akhir-akhir ini sering merasa pusing dan pingsan saat berdiri. Konsultasikan segera pada dokter karena kemungkinan Anda mengalami hipotensi dan harus cepat mengetahui cara mengatasi hipotensi.

10 Cara Mengatasi Hipotensi Diperbarui: Maret 22, 2016 Penulis: admin