5 Cara Mengatasi Kecemasan

5 Cara Mengatasi KecemasanReviewed by on.This Is Article About5 Cara Mengatasi KecemasanCara mengatasi kecemasan. Rasa cemas adalah sinyal ketika kita mungkin berada dalam bahaya dan memaksa kita untuk segera mengambil tindakan. Kecemasan mendorong kita untuk melakukan perubahan. Jenis bahaya ini bisa berupa ancaman fisik atau emosional. Pada tingkat ini, rasa cemas masih tergolong sehat karena membuat kita bertindak demi kepentingan dan keselamatan diri. Rasa Cemas Yang Berlebihan […]

Cara mengatasi kecemasan. Rasa cemas adalah sinyal ketika kita mungkin berada dalam bahaya dan memaksa kita untuk segera mengambil tindakan. Kecemasan mendorong kita untuk melakukan perubahan. Jenis bahaya ini bisa berupa ancaman fisik atau emosional. Pada tingkat ini, rasa cemas masih tergolong sehat karena membuat kita bertindak demi kepentingan dan keselamatan diri.

Rasa Cemas Yang Berlebihan

Titik dimana kecemasan menjadi tidak sehat atau berlebihan adalah ketika persaan itu berhenti membuat kita bertindak. Ini bisa terjadi karena kita mengkhawatirkan hal-hal yang berada di luar kendali atau yang belum terjadi. Apapun alasannya, kecemasan yang berlebihan menyebabkan tekanan pada pikiran dan tubuh yang nantinya akan mempengaruhi kesehatan.

Kita semua terlalu banyak menghabiskan waktu untuk mencemaskan hal yang tidak akan terjadi. Rasa cemas ini hanya membuat hidup menjadi rumit dan menyakitkan. Oleh karena itu perlu mengetahui cara mengatasi kecemasan atau cara menghilangkan kecemasan dalam diri.

cara-mengatasi-kecemasan1. Tunda Kecemasan
Ini adalah teknik sederhana mengatasi kecemasan. Jika Anda sedang menghadapi situasi yang mengkhawatirkan, coba katakan pada diri sendir “Besok saja aku mengkhawatirkan ini, aku tidak perlu mengkhawatirkan ini sekarang, karena tidak akan ada yang terjadi hari ini”. Setiap kali masalah muncul di pikiran Anda, tinggal memakai cara ini. Fakta mengatakan bahwa kecemasan berlebihan sebagian besar tidak pernah terjadi. Menunda hanya cara untuk mengatasi pikiran negatif. Sifat alami dari pikiran manusia adalah menciptakan masalah dan mencemaskannya. Teknik ini adalah cara mengatasi kecemasan berlebihan yang paling mudah.

2. Ambil Tindakan
Rasa cemas membuat kita lumpuh oleh ketakutan. Daripada hanya mencemaskannya saja, pikirkan dengan hati-hati langkah yang bisa diambil untuk menghindari masalah tersebut. Misalnya, ketika Anda mencemaskan masalah keuangan, pikirkan cara untuk mengurangi pengeluaran, cara meningkatkan pendapatan dan mendapatkan pinjaman.

Cara mengatasi kecemasan bukan dengan hanya merasakannya dan seolah tidak berdaya. Ambil tindakan, bekerja untuk mencari solusi akan membuat keadaan lebih baik. Beberapa masalah tidak boleh diabaikan dan butuh tindakan, sebagian lagi tidak memerlukan tindakan apa-apa karena hanya merupakan imajinasi belaka. Jika Anda menyadari bahwa tidak ada yang bisa dilakukan, ini adalah alasan yang masuk akal untuk berhenti mengkhawatirkannya.

3. Hati-Hati Dengan Apa Yang Dipikirkan
Ketika kita sering memikirkan sesuatu, kemungkinan besar hal tersbut akan terwujud. Jika kita khawatir akan membuat kesalahan, peluang kesalahan tersebut bisa terjadi semakin besar. Oleh karena itu, berhati-hatilah dengan apa yang Anda pikirkan. Ingat tentang kekuatan pikiran. Daripada memikirkan hal yang negatif, pikirkan cara mendapatkan jalan keluar dari masalah.

4. Kendalikan Pikiran
Cara menghilangkan kecemasan yang paling utama adalah dengan belajar mengendalikan pikiran. Kadang kita dikuasai oleh pikiran sendiri, seolah kita diperbudak oleh pikiran yang belum jelas. Identifikasi pikiran yang muncul terlebih dahulu, terima jika pikiran itu benar dan keluarkan bila pikiran itu hanya merusak diri. Miliki kemampuan untuk mengendalikan pikiran kita sendiri.

5. Jangan Bersikap Angkuh
Kita sering khawatir tentang penilaian orang lain terhadap diri kita. Kita khawatir tidak dapat memenuhi harapan orang lain. Pemikiran seperti ini yang membuat diri angkuh karena terus-menerus mencari penghargaan dan kekaguman dari orang lain. Diperlukan kepercayaan diri yang tinggi dan ketenangan batin untuk tidak khawatir terhadap penilaian orang lain

Subscribe

Terima kasih sudah membaca artikel mamaeka.com , silahkan bergabung bersama mamaeka.com melalui email dengan mengisi form dibawah ini.