Beberapa Kesalahan Dalam Mendidik Anak Anda

Beberapa Kesalahan Dalam Mendidik Anak Anda

Beberapa Kesalahan Dalam Mendidik Anak Anda

Mendidik anak bukanlah suatu perkara yang mudah. Orang tua yang salah dalam mengasuh anaknya akan menghasilkan “produk” anak yang membangkang, tidak dapat menghormati orang lain, tidak mengenal tata krama atau sopan santun, dan lain-lain. Berikut beberapa faktor cara asuh ybeberapa-kesalahan-dalam-mendidik-anak-andaang dapat menjadikan anak menjadi produk yang salah dan tidak diharapkan oleh orang tua.

1. Kurangnya pengawasan. Mayoritas anak yang salah asuh adalah mereka yang kurang mendapat pengawasan dari orang tuanya. Seorang ilmuwan mengatakan bahwa tragedi yang menyebabkan terjadinya salah asuh pada anak adalah ketika anak terlalu menghabiskan waktu luangnya dengan lingkungan daripada menghabiskan waktunya dengan keluarganya. Saat seperti inilah anak akan begitu rentan terkena pengaruh yang salah dari luar tanpa sepengetahuan orang tuanya. Untuk menghindari hal ini sebaiknya tingkatkan “porsi” pengawasan pada anak anda mengingat anak anda masih sangat membutuhkan perhatian anda.

2. Gagal dalam mendengarkan. Orang tua yang memiliki kesibukan yang sangat padat dipastikan akan mengabaikan anaknya dan tidak memiliki waktu untuk mendengarkan apa kata hati dan keinginan mereka.

3. Jarang bertemu. Intensitas pertemuan antara anak dan orang tua pun juga menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan kesalahan dalam mendidik anak. Sebaiknya, luangkan waktu untuk bertemu dan berbicara dengan anak. Tanyakan pada anak anda bilamana ada masalah yang sedang dihadapi dan bantulah anak anda untuk mencari solusi da mengatasi masalah yang sedang dihadapinya. Dengan cara ini, hubungan anda dengan anak akan semakin  terbuka,  harmonis, dan tidak membosankan.

  Tips Cara Menidurkan Bayi Dengan Tepat

4. Bertengkar di hadapan anak. Perilaku orang tua yang paling salah dihadapan anak adalah ketika mereka tidak mampu mengontrol emosi dan harus bertengkar di hadapan anak. Akan sangat wajar jika antara pria dan wanita terdapat perbedaan pendapat dan pola pikir namun tidak seharusnya anda harus bertengkar, menunjukkan sikap dan kata kata yang kasar kepada pasangan di depan anak anda. Secara tidak langsung anda “mendidik”anak anda untuk mencontoh perilaku orang tuanya ketika dia dewasa. Ciptakan perasaan yang aman pada diri anak anda dan bijaklah sebagai orang tua.

5. Tidak konsisten. Konsisten dalam hal ini adalah dengan mengharuskan orang tua untuk berlaku tegas dan berwibawa di depan anak anda. Jika anda berkata tidak untuk suatu hal, maka untuk seterusnya katakan tidak sehingga anak pun akan lebih menghormati anda, dan begitu pula sebaliknya.

6. Mengabaikan kata hati. Orang tua yang ingin memiliki anak yang akan menjadi harapan mereka tentunya juga harus menjadi orang tua yang mau atau bersedia mendengarkan kata hati  anak mereka.

  Cara Mengatasi Rambut Botak Secara Alami

7. Berat sebelah. Berusahalah untuk tetap berlaku adil pada anak anda pada saat apapun dan dalam hal apapun karena perilaku atau sifat apa yang anda contohkan merupakan duplikasi bagi anak anda di masa mendatang.

8. Berlama-lama di depan televisi. Sadar atau tidak televisi memberikan pengaruh yang sangat besar pada pola pikir dan perilaku anak anda, entah itu serial drama maupun komersial. Banyak pula tayangan yang akan memberi pengaruh atau masukan negatif bagi anak sehingga tidak memiliki manfaat apapun untuk ditonton.

Apakah anda memiliki tips dan cara mendidik anak yang baik? Silakan berkomentar.

Simak juga ulasan kami sebelumnya tentang tips dan cara menjaga keindahan rambut.

Salam

Mama Eka

Penulis:  Endra Maulana

Ditulis untuk mamaeka.com

Beberapa Kesalahan Dalam Mendidik Anak Anda Diperbarui: Maret 29, 2016 Penulis: admin