Cara Bikin NPWP Pribadi Secara Manual dan Online

Bagaimana cara bikin NPWP pribadi secara manual atau online. NPWP kini mulai akrab di telinga masyarakat setelah tim Pajak sukses dalam melakukan penyuluhan melalui media. Iklan yang di rilis oleh pihak perpajakan tentang pentingnya membayar pajak ini semakin sering muncul di berbagai media baik elektronik maupun cetak.

cara-bikin-buat-npwp-pribadi-manual-online
NPWP merupakan singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak, yakni nomor tanda pajak yang wajib dimiliki oleh tiap-tiap individu serta badan usaha ataupun lembaga lainnya yang memiliki kewajiban untuk membayar pajak kepada negara. Fungsi Nomor Pokok Wajib Pajak itu sendiri adalah untuk memudahkan sistem administrasi ketika melaksanakan wajib pajak ataupun saat menggunakan hak-hak setelah membayar pajak.

Bagi anda yang masih bingung bagaimana cara bikin npwp, saat ini masyakat di sediakan dua alternatif cara bikin npwp pribadi, yakni secara online maupun manual.

1. Cara bikin npwp pribadi secara manual

Langkah-langkah cara bikin npwp pribadi secara manual sangatlah sederhana. Anda cukup menyiapkan Kartu Tanda Penduduk atau KTP anda serta surat keterangan tempat tinggal atupun domisili yang dikeluarkan oleh instansi pemerintah misalnya kelurahan. Bagi anda yang tidak memiliki KTP, anda juga bisa menggunakan SIM anda. Setelah itu, kartu pengenal dan keterangan domisili tersebut di foto copy kemudian di serahkan ke kantor pajak setempat. Di sana, anda akan di berikan formulir yang harus anda isi. Data-data yang harus anda isi di dalamnya mengenai identitas diri anda mulai dari tempat dan tangal lahir, pekerjaan, alamat lengkap dan sebagainya. Dan yang paling penting adalah data penghasilan anda setiap tahunnya. Jumlah penghasilan anda inilah yang akan menentukan seberapa besar ataupun kecilnya biaya pajak yang harus anda bayar nantinya. Formulir kemudian akan di tanda tangani oleh petugas dan selanjutnya anda akan mendapatkan NPWP tersebut.

1. Cara bikin npwp pribadi secara online

Pertama-tama buka situs http://pajak.go.id kemudian masuk pada menu “e-registration” dan klik “created account”. Isi data-data yang di berikan, data-data yang tertera di sana sama halnya dengan formulir yang kita peroleh saat membuat NPWP secara mannual. Setelah itu, anda akan menerima konfirmasi melalui email. Jika berhasil, anda bisa melakukan log in ke akun anda dan bisa langsung mencetak formulir tersebut dan menyerahkannya ke kantor pajak setempat beserta salinan KTP anda.

Itulah tadi  cara-cara bikin NPWP pribadi. Bagaimana? Mudah bukan? Jadi, bukan alasan lagi untuk tidak memiliki NPWP sekarang.

Subscribe

Terima kasih sudah membaca artikel mamaeka.com , silahkan bergabung bersama mamaeka.com melalui email dengan mengisi form dibawah ini.