Cara Mengatasi dan Menghilangkan Cegukan pada Bayi

Solusi cara mengatasi dan menghilangkan cegukan pada bayi –  Cegukan merupakan gerak refleks tubuh yang disertai suara khas. Gerakan refleks ini disebabkan oleh iritasi pada diafragma. Bayi dapat mengalami cegukan setelah makan atau minum susu. Cegukan ini bisa membuat bayi terganggu. Namun, bila cegukan itu tidak mengganggu aktivitas, seperti masih dapat makan dan minum dengan baik, tak perlu dicemaskan.

cara mengatasi menghilangkan cegukan pada bayiDiafragma mempunyai peran penting dalam proses respirasi dan metabolisme. Diafragma mengatur keluar masuknya udara dalam proses pernapasan.

Penyebab cegukan pada bayi dikarenakan diafragma yang mengalami pengencangan secara mendadak dapat mengakibatkan udara masuk melalui mulut secara tiba-tiba sehingga menyebabkan cegukan.

Cegukan juga dapat terjadi saat seseorang melakukan  dua aktivitas secara bersamaan, misalnya tertawa ketika sedang makan atau minum. Selain itu, cegukan juga dapat terjadi karena serangga yang masuk ke dalam saluran telinga yang kemudian menyentuh gendang telinga.

Cegukan bisa dialami oleh siapa saja, tidak mengenal usia, termasuk pada usia bayi. Meski begitu, cegukan merupakan hal yang wajar terjadi pada bayi, kecuali jika cegukan itu mengganggu ativitasnya, seperti makan atau tidur. Jika cegukan pada bayi seringkali menyebabkan si bayi muntah, sangat rewel dan susah dikendalikan sampai usia bayi melebihi 1 tahun, ada baiknya orang tua memeriksakan hal itu ke dokter.

Cegukan pada bayi dapat diatasi dengan cara sederhana. Cara mengatasi cegukan pada bayi bila bayi mengalami cegukan ketika makan atau minum, cara yang sederhana adalah dengan menepuk-nepuk bayi secara perlahan lalu membiarkan si bayi rileks sebelum menyusui bayi tersebut.

Adapun cara mencegah cegukan pada bayi bisa dengan cara memastikan bahwa bayi dalam keadaan rileks dan tidak terlalu bersemangat ketika hendak diberi makan atau minum. Cara tersebut bisa dilakukan sebagai upaya untuk mencegah cegukan pada bayi. Jika bayi diberi minum dengan botol, pastikan bahwa dot tidak bocor atau tidak ada udara yang mengalir.

Itulah cara mengatasi cegukan pada bayi. Tidak menutup kemungkinan bahwa masih ada cara lainnya yang bisa dilakukan untuk menghilangkan cegukan pada bayi. Pencegahan juga bisa dilakukan agar bayi terhindar dari cegukan.

Subscribe

Terima kasih sudah membaca artikel mamaeka.com , silahkan bergabung bersama mamaeka.com melalui email dengan mengisi form dibawah ini.