Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi

Cara Mengatasi Kolesterol TinggiReviewed by on.This Is Article AboutCara Mengatasi Kolesterol TinggiKolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam lemak (lipid) dalam darah. Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membangun sel sehat, tetapi memiliki kolesterol tinggi dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Bila anda mengidap kolesterol tinggi, simpanan lemak di pembuluh darah semakin banyak yang pada akhirnya menghambat darah mengalir melalui arteri. Hal ini menyebabkan organ jantung menjadi tidak mendapatkan […]

Kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam lemak (lipid) dalam darah. Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membangun sel sehat, tetapi memiliki kolesterol tinggi dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.

Bila anda mengidap kolesterol tinggi, simpanan lemak di pembuluh darah semakin banyak yang pada akhirnya menghambat darah mengalir melalui arteri. Hal ini menyebabkan organ jantung menjadi tidak mendapatkan oksigen yang terdapat dalam darah. Bila ini berlangsung lama akan menyebabkan serangan jantung. Berkurangnya aliran darah ke otak bisa menyebabkan stroke.

Kolesterol tinggi dapat diturunkan tetapi juga dapat dicegah dan diobati dengan diet sehat, olahraga dan juga dengan mengkonsumsi obat-obatan.

Gejala Kolesterol Tinggi

Gejala kolesterol tinggi sama sekali tidak ada. Anda sama sekali tidak bisa merasakan gejala kolesterol tinggi tetapi bila Anda mengabaikannya bisa membawa pada resiko penyakit jantung hingga kematian. Satu-satunya cara untuk mengetahui Anda memiliki kolesterol tinggi atau tidak adalah melalui tes kolesterol.

mengatasi-gejala-kolesterol-tinggiKolesterol dibawa melalui darah, menempel pada protein. Kombinasi antara protein dan kolesterol disebut lipoprotein. Sebelum mencari solusi untuk mengatasi kolesterol tinggi, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis kolesterol sebagai berikut:

1. Low Density Lipoprotein (LDL). LDL atau kolesterol jahat, membawa partikel kolesterol ke seluruh tubuh Anda. Kolesterol LDL menumpuk di dinding arteri sehingga membuatnya semakin sempit.

2. Very Low Density Lipoprotein (VLDL). Jenis lipoprotein yang mengandung paling banyak trigliserida yaitu lemak yang melekat dalam darah. Kolesterol VLDL membuat ukuran kolesterol LDL lebih besar sehingga menyebabkan pembuluh darah menyempit.

3. High Density Lipoprotein (HDL). HDL atau kolesterol baik, mengambil kelebihan kolesterol dan membawanya kembali ke hati.

Obesitas dan pola makan yang tidak sehat berkontribusi dapat meningkatkan jumlah LDL dan menurunkan HDL. Faktor lain yang bisa mempengaruhi adalah faktor genetik. Bila Anda memiliki riwayat keluarga yang menderita kolesterol tinggi kemungkinan Anda harus lebih berhati-hati.

Cara mengatasi Kolesterol Tinggi

Beberapa tanaman memberikan zat khusus yang membantu tubuh dalam menangani tingkat kolesterol yang tinggi serta komplikasi lainnya. Tanaman ini bisa mengatasi kolesterol tinggi dan bila dicampurkan dalam makanan maka maka hidangan tersebut bsa menjadi makanan penurun kolesterol.

1. Bawang putih. Penelitian telah menunjukkan bahwa bawang putih sebenarnya adalah makanan penurun kolesterol yang membantu mengurangi kolesterol jahat atau LDL. Selain itu, penelitian medis telah membuktikan bahwa bawang putih efektif dalam menjaga platelet darah  menempel dan menggumpal. Selain dicampurkan dalam makanan sebagai bumbu masak, cara mengatasi kolesterol tinggi dengan merebus bawang putih, minum air yang digunakan untuk merebus. Ini adalah obat yang banyak dikonsumsi oleh biarawan Cina kuno.

2. Buah berwarna gelap. Buah-buahan seperti anggur hitam, buah delima, berry hitam, semuanya mengandung antioksidan yang bisa mengurangi jumlah kolesterol. Buah ini bisa dijadikan smoothies atau alternatif minuman lainnya. Jika Anda benar-benar ingin memulai diet kolesterol tinggi, mulailah dengan membuat smoothies berry hitam.

Ini adalah 2 bahan makanan penurun kolesterol yang bisa mengatasi kolesterol tinggi. Selain dengan cara di atas, Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen penurun kolesterol. Suplemen ini mencakup vitamin dan mineral yang berfungsi untuk membantu fungsi hati dan jantung.

Subscribe

Terima kasih sudah membaca artikel mamaeka.com , silahkan bergabung bersama mamaeka.com melalui email dengan mengisi form dibawah ini.