Cara Mengatasi Rasa Cemburu Pada Pasangan

Cara Mengatasi Rasa Cemburu Pada PasanganReviewed by on.This Is Article AboutCara Mengatasi Rasa Cemburu Pada PasanganCara mengatasi dan menghilangkan rasa cemburu. Cemburu dalam kisah cinta adalah hal yang wajar. Bahkan ada istilah yang mengatakan bahwa “cemburu adalah bumbu cinta”. Benarkah demikian? Jika memang benar, berarti cemburu boleh-boleh saja dan seharusnya tidak mengganggu keharmonisan suatu hubungan. Kenyataannya sekarang, banyak kisah cinta yang kandas atau bermasalah dipicu oleh rasa cemburu. Cemburu yang […]

Cara mengatasi dan menghilangkan rasa cemburu. Cemburu dalam kisah cinta adalah hal yang wajar. Bahkan ada istilah yang mengatakan bahwa “cemburu adalah bumbu cinta”. Benarkah demikian? Jika memang benar, berarti cemburu boleh-boleh saja dan seharusnya tidak mengganggu keharmonisan suatu hubungan.

Kenyataannya sekarang, banyak kisah cinta yang kandas atau bermasalah dipicu oleh rasa cemburu. Cemburu yang seperti ini sudah tidak wajar lagi karena tidak hanya merugikan orang lain tetapi juga merugikan diri sendiri. Cemburu yang tidak wajar misalnya marah bila pasangan atau kekasih berbicara dengan lawan jenis, tidak terima bila pasangan atau kekasih lebih memilih jalan bersama keluarga dibanding menemani Anda berbelanja. Jangan salahkan bila pasangan Anda kemudian kesal, bosan dan memberontak menghadapi sikap cemburuan Anda yang berlebihan.

Rasa cemburu yang berlebihan diawali oleh ketidakpercayaan pada pasangan, rasa ini kemudian berkembang menjadi sebuah imajinasi yang tidak beralasan sehingga muncul ketakutan-ketakutan yang sebenarnya tidak penting untuk dipikirkan. Tak jarang orang yang memiliki sifat cemburuan menjadi posesive dan overprotective pada pasangannya. Jika sudah seperti ini, hubungan yang seharusnya memberi kenyamanan dan kasih sayang sulit untuk didapatkan lagi.

cara-mengatasi-menghilangkan-rasa-cemburu

Cara mengatasi rasa cemburu sebenarnya tidak sulit karena rasa cemburu yang dipendam juga tidak baik bagi psikologi Anda. Oleh karena itu, Anda harus segera tahu cara menghilangkan rasa cemburu yang berlebihan. Berikut ini tips-tips yang bisa dipraktekkan saat rasa cemburu itu datang. Tips ini juga berguna untuk mengetahui cara menghadapi pasangan hidup yang cemburuan.

1. Bangun sikap saling percaya. Ini memang tidak semudah yang diucapkan. Tapi berpikirlah positif sambil berusaha. Berusaha dalam arti, Anda sebagai pasangannya juga bisa dipercaya. Anda bisa membuktikan pada pasangan Anda bahwa Anda bisa memegang teguh komitmen bersama. Dengan menunjukkan keseriusan Anda dalam menjalin hubungan, pasangan juga akan berusaha mengimbangi dan menghargai Anda.

2. Jadilah pengamat yang bijak. Rasa cemburu selalu datang beriringan dengan rasa curiga. Saat perasaan itu datang, jangan langsung menyerang pasangan Anda dengan segudang pertanyaan. Perhatikan terlebih dahulu gerak geriknya. Apakah ada perubahan sikap? Jika memang ada, berapa lama perubahan itu terjadi? simpan dulu sampai Anda memiliki beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan perubahannya dan cari waktu tang tepat untuk membahasnya. Sedang, jika perubahan itu hanya sementara dan pasangan Anda kembali ke sikap semula, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

3. Berkomunikasi. Pilih waktu yang lowong dan tenang untuk berkomunikasi. Di sinilah waktunya Anda untuk bertanya dan berkeluh kesah, tapi bukan marah. Komunikasikan dengan cara yang baik agar tidak terjadi pertengkaran. Anda yang paling tahu watak pasangan Anda, jadi Anda sudah harus tahu trik – trik bertanya yang membuatnya tidak marah dan tersinggung.

4. Jangan sekali-kali memeriksa barang pribadi pasangan tanpa ijin. Ada kalanya, Anda penasaran dengan isi dompet, isi sms dan panggilan di handphonenya. Tapi, bila rasa penasaran itu Anda ikuti dengan memeriksanya tanpa sepengetahuan pemiliknya, maka bersiaplah menanggung resikonya. Resiko pertama, mungkin pasangan Anda tidak suka barang pribadinya disentuh tanpa ijinnya. Kemungkinan lain adalah Anda akan menemukan kenyataan yang menyakitkan. Bila Anda tidak siap dengan resiko itu, jangan sekali-kali mencobanya. Pasangan Anda mungkin melakukan kesalahan tapi bukan berarti dia tidak sedang berusaha memperbaikinya. Semuanya tergantung dari kebikjasanaan Anda.

Subscribe

Terima kasih sudah membaca artikel mamaeka.com , silahkan bergabung bersama mamaeka.com melalui email dengan mengisi form dibawah ini.