Cara Mengatasi Rasa Malas Bangun Pagi

Cara Mengatasi Rasa Malas Bangun PagiReviewed by on.This Is Article AboutCara Mengatasi Rasa Malas Bangun PagiMasih banyak orang yang kesulitan untuk bangun pagi. Terutama para lelaki yang belum menikah. Walaupun, pada kenyataannya kaum wanita juga ada yang malas bangun pagi. Bila bukan tuntutan pekerjaan atau pendidikan, seseorang bisa bangun di atas jam 8 pagi. Padahal waktu yang benar untuk memulai aktivitas adalah dimulai dari waktu subuh. Bangun lebih awal di […]

Masih banyak orang yang kesulitan untuk bangun pagi. Terutama para lelaki yang belum menikah. Walaupun, pada kenyataannya kaum wanita juga ada yang malas bangun pagi. Bila bukan tuntutan pekerjaan atau pendidikan, seseorang bisa bangun di atas jam 8 pagi. Padahal waktu yang benar untuk memulai aktivitas adalah dimulai dari waktu subuh. Bangun lebih awal di waktu subuh memungkinkan Anda melakukan lebih banyak kegiatan misalnya berolahraga dan menyiapkan sarapan.

Bangun pagi juga berdampak pada kesehatan tubuh. Orang yang sering bangun lebih pagi umumnya lebih sehat dibanding orang yang malas bangun pagi. Hal ini dikarenakan udara yang dihirup di pagi hari masih udara bersih yang belum terkena polusi.

Penyebab Malas Bangun Pagi

Sudah banyak tahu tentang manfaat bangun pagi, tetapi kemungkinan belum tahu cara mengatasi rasa malas bangun pagi. Sebelum mengatasi rasa malas tersebut, berikut ini fakta beberapa penyebab malas bangun pagi:

cara-mengatasi-menghilangkan-rasa-malas1. Kebiasaan dari kecil. Ini adalah tradisi keluarga. Ada orang tua yang mewajibkan anak-anaknya untuk bangun pagi setiap hari dengan alasan tertentu, tetapi ada juga orang tua yang cuek dengan jadwal bangun pagi anaknya. Orang tua seperti ini memberi kebebasan anaknya untuk mengatur jadwal kegiatan termasuk jadwal bangun pagi. Kebiasaan dari kecil ini berlanjut hingga dewasa sehingga menjadi kebiasaan.

2. Suka begadang. Orang yang suka begadang memiliki waktu tidur di atas jam 12 malam, jadi tidak heran bila mereka bangun pagi di atas jam 8 pagi.

3. Tidak punya kegiatan di pagi hari. Orang seperti ini tergolong orang yang pemalas. Mereka tidak terikat dengan kegiatan yang mengharuskannya bangun pagi misalnya sekolah atau bekerja. Mereka banyak memiliki waktu untuk bersantai dan tidak diburu waktu.

Cara Menghilangkan Rasa Malas Bangun Pagi

Bila Anda mulai menyadari bahwa bangun pagi itu penting dan ingin mengatasi rasa malas, tips berikut ini bisa membantu:
1. Mulai hari ini, berkomitmenlah untuk bangun pagi esok hari. Rencanakan yang padat untuk esok pagi. Misalnya olahraga, membersihkan kamar, menyiapkan sarapan pagi atau datang ke kantor lebih awal.

2. Rencanakan waktu tidur Anda. Tidurlah sebelum jam 10 malam dan bangun jam 5 subuh. Usahakan kegiatan Anda sudah selesai sebelum jam 10 malam. Makan malam, tugas kantor, nonton TV dan lain-lain di atur agar tidak mengganggu waktu istirahat malam. Dengan tidur yang cukup, saat bangun pagi, badan terasa lebih segar untuk melakukan aktivitas sepanjang hari.

3. Minta bantuan. Sebuah weker di samping tempat tidur mungkin bisa mungkin membuat mata Anda terbuka. Anda juga bisa meminta bantuan teman sekamar atau anggota keluarga untuk membangunkan Anda.

4. Buat perjanjian. Tidak mudah untuk merubah kebiasaan dari malas menjadi rajin, prosesnya membutuhkan waktu. Oleh karena itu, lakukan sedikit demi sedikit dengan memberi jangka waktu. Misalnya dalam waktu 30 hari Anda berjanji untuk terus bangun pagi. Bila dalam jangka waktu 30 hari itu Anda melakukan kesalahan maka coba untuk memulai dari awal lagi, sedang apabila berhasil, lanjutkan kembali perjanjian itu. Biasanya cukup 25 hari untuk membuat bangun pagi sebagai sebuah kebiasaan baru.

Subscribe

Terima kasih sudah membaca artikel mamaeka.com , silahkan bergabung bersama mamaeka.com melalui email dengan mengisi form dibawah ini.