Cara Menyapih Anak Secara Alami

Cara menyapih anak memang sangat penting untuk di ketahui oleh seorang ibu. Dalam pemberian ASI kepada sang buah hati harus dengan ASI eksklusif, karena ASI adalah asupan yang terbaik untuk anak. Dengan ASI anak dapat tumbuh dengan baik kerna kandungan vitamin dan protein yang terdapat dalam ASI sangatlah baik untuk sang buah hati anda. Dalam pemberian ASI ekslusif dapat diberikan dengan cara alami atau pun dengan cara dot, hal ini dapat dilakukan dengan cara memompa ASI terlebih dahulu dan simpanlah di freezer.

cara-menyapih-anakKarena alasan pekerjaan terkadang sang Ibu memilih  untuk tidak memberikan ASI eksklusif terhadap anaknya, sebenarnya hal tersebut bukanlah kendala lagi pada zaman sekarang ini. Karena anda bisa menyimpan susu tersebut di kulkas dan juga alternative lain yaitu dengan cara menggunakan jasa kurir susu. Hal tersebut dapat anda pilih jika anak anda masih dalam batasan umur untuk mendapatkan ASI eksklusif. Jika anak anda sudah mulai besar dan tetap ingin ASI akan menimbulkan hal yang menjadi masalah baru, untuk itu anda harus menyapih anak anda.

Menyapih anak guna untuk mengajarkan kepada anak untuk tidak meminum ASI lagi. Anda dapat memberikan susu formula yang baik untuk anak anda. Berikut adalah cara menyapih anak secara alami:

Pertama-tama anda harus memberikan selingan susu kepada anak di dalam dot, coba anda berikan kepadanya, dan lihat reaksi selanjutnya, jika anak anda mulai merasa aneh dengan rasa susu formula tersebut anda selingi dengan ASI lagi, begitulah untuk seterusnya.

Dengan cara meninggalkan anak kepada saudara atau neneknya, kemudian anda sesekali membiarkan dia meminum susu formula, lambat laun dia akan terbiasa dan melupakan ASI.

Selanjutnya dengan mengusapkan brotowali keputing anda, ketika sang anak ingin menyusu dia akan melepaskannya karena rasa pahit yang terkandung dalam brotowali tersebut.

Dalam penyapihan anak anda juga harus mengetahui kondisi sang anak, jangan sapih anak anda ketika kondisi tubuhnya tidak fit seperti sakit dll karena itu akan berdampak negatif dan menimbulkan penyakit baru terhadap anak anda, semoga cara menyapih anak yang telah di jelaskan dapat membuat anda mengetahui bagaimana cara terbaik untuk menyapih anak.

Subscribe

Terima kasih sudah membaca artikel mamaeka.com , silahkan bergabung bersama mamaeka.com melalui email dengan mengisi form dibawah ini.