Cara Terbaik Mengajarkan Disiplin Pada Anak

Cara Terbaik Mengajarkan Disiplin Pada Anak

Memang benar apa kata orang bahwa membesarkan anak anda bukanlah perkara yang mudah mengingat anak jaman sekarang lebih cenderung mengikuti teman pergaulannya daripada harus mengikuti apa kata orang tuanya. Berikut beberapa cara yang bisa anda terapkan untuk mengasuh anak anda dengan baik dan mengajarkan kedisiplinan.

 

  • Hormat dan empati. Jika anda ingin mengajarkan disiplin pada anak anda, pastikan ada rasa saling menghormati dan rasa empati antara anda dan anak. Sebuah riset mengatakan bahwa anak yang dibesarkan dengan baik dan diajarkan kedisiplinan akan tumbuh dan berperilaku lebih baik daripada mereka yang tidak diajarkan kedisiplinan semenjak usia dini.

 

  • Kenali usia anak anda. Memahami usia dan tahap perkembangan anak sangatlah penting mengingat pola pikir dan pola perilaku anak akan sangat bergantung pada usianya dikala itu. Oleh karena itu, ajarkanlah anak kedisiplinan sesuai dengan usianya sembari berpikir ketika anda berada di usianya.

cara-terbaik-mengajarkan-disiplin-pada-anak

  • Ajaklah anak anda berbicara dari hati ke hati. Menjalin komunikasi antara orang tua dengan anak dari hati ke hati sangatlah penting karena melalui jalan ini anda sebagai orang tua akan mengerti apa yang diinginkan oleh anak. Begitu pun sebaliknya, anda dapat menyampaikan isi hati anda sehingga anak dapat mengerti dan paham apa yang menjadi harapan orang tuanya. Bicaralah seperti layaknya anda seorang teman atau sahabat namun tanpa mengabaikan rasa hormat.
  Trik Mendidik Anak Untuk Konsumsi Makanan Sehat

 

  • Konsisten. Konsistensi memang cukup sulit diterapkan namun ketika hal ini dilatih maka konsistensi dari kedisiplinan akan dapat terus berjalan. Anda sebagai orang tua hendaknya selalu konsisten dalam memberi kebijakan dan nasihat sehingga anak dapat menjalankan hak dan kewajibannya dengan nyaman.

 

  • Beri pilihan dan batasan. Ingatlah bahwa anak juga berhak mempunyai pilihannya sendiri. Ketika anda memberikan keleluasaan pada anak untuk memilih, anak anda akan merasa sangat dihargai dan dipercaya oleh orang tuanya. Namun, hal yang tak kalah penting adalah dengan tetap membatasi pilihan anak anda agar hasil akhirnya sesuai dengan harapan orang tua.

 

  • Konsekuensi. Jelaskan pada anak konsekuensi apa yang akan mereka terima jika mereka tidak disiplin atau melakukan hal yang salah sehingga keinginan antara orang tua dan anak semakin jelas.

 

  • Beri pujian ketika anak anda melakukan hal yang benar. Anak pasti akan suka dipuji ketika mereka memiliki prestasi yang berlebih atau telah melakukan hal yang benar meskipun itu sangat sepele. Anda bisa memberi pujian, ciuman, atau pelukan ketika anak anda berhasil mendisiplinkan diri mereka, membanggakan anda dengan menjadi juara kelas, mendapatkan keberhasilan dari apa yang mereka impikan, dan menjadi apa yang sedang anda harapkan. Perilaku orang tua yang seperti ini tentunya akan mendekatkan hubungan anda dengan anak anda.
  Pertanyaan Atas Penyebab Autisme

Itulah beberapa cara mengasuh anak yang benar dan bisa anda terapkan di rumah.

Cara Terbaik Mengajarkan Disiplin Pada Anak Diperbarui: Maret 22, 2016 Penulis: admin