Ibu yang Baik, Seperti Apa?

Ibu yang Baik, Seperti Apa?

Banyak masalah yang kian menimpa anak-anak dan remaja saat ini. Sebut saja beberapa waktu lalu seorang anak selebritis yang belum cukup umur mengendarai mobil sendirian tanpa ada pengawasan dari orang tua dan mengakibatkan kecelakaan bahkan  mengakibatkan korban jiwa. Lalu bagaimanakah peranan orang tua? Khususnya ibu dalam hal ini?

Ibu yang BaikTerlebih masalah yang dihadapi saat ini bukan hanya salah satu contoh diatas tetapi juga ada banyak hal lain yang kian mengkhawatirkan diantaranya adalah perilaku anak yang cenderung mengarah kepada tindakan kekerasan, pornografi atau sebuah masalah lain layaknya kecanduan game, kehilangan kontrol hingga lainnya. Untuk itulah pada artikel ini saya akan sedikit mengulas tentang peranan yang seharusnya dimiliki oleh seorang ibu di dalam keluarga.

  1. Ibu adalah seorang memiliki kedekatan emosional dengan anak yang pertama kali. Jadi peranan ibu yang mutlak adalah sebagai pendidik bagi seorang anak. Meskipun dalam hal ini peranan ayah pun harus ada tetapi tetap saja seorang ibu harus lebih menuangkan banyak waktu untuk memberikan pendidikan kepada anak. Seorang ibu memiliki kesabaran, ketelatenan dan ketulusan yang lebih besar dari seorang ayah. Dan inilah yang menjadikannya memiliki kedekatan emosional yang lebih.
  2. Seorang ibu yang baik adalah seorang ibu yang mampu memberikan kasih sayang kepada anaknya dalam takaran yang pas. Bagaimana maksudnya? Kasih sayang yang pas yang saya maksud adalah tentang bagaimana cara memperlakukan seorang anak tersebut. Disamping memberikan sebuah kasih sayang pada anak kita juga perlu memberikan pengarahan kepada mereka untuk memiliki kemandirian. Hal ini untuk mengurangi ketergantungan yang dimiliki oleh seorang anak pada orang lain.
  3. Hal yang paling berharga yang diinginkan seorang anak bukanlah hanya saat kebutuhan materi mereka terpenuhi. Tetapi lebih utama adalah tentang waktu bersama keluarga. Seorang ibu menjadi wanita karir memang baik untuk membantu meringankan beban suami, tapi demikian harus tetap memperhatikan kebutuhan anaknya. Agar si anak tidak mengalami kekurangan kasih sayang yang tentunya dapat berakibat pada hal negatif.
  Peran Penting Perempuan Dalam Mengatur Keuangan Keluarga

Ibu memiliki banyak peranan yang tidak dapat digantikan kehadirannya oleh seorang ayah ataupun orang lain, jadi intensitas seorang anak bersama dengan ibunya kelak akan menjadi sebuah hal yang sangat penting dalam kehidupannya di masa yang akan datang.

Penulis: Endra Maulana

Ditulis untuk mamaeka.com

Ibu yang Baik, Seperti Apa? Diperbarui: Maret 27, 2016 Penulis: admin