Keajaiban air Zam-Zam di Mata Ilmiah

Keajaiban air Zam-Zam di Mata Ilmiah

Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti pernah mendengar tentang keajaiban air zam-zam. Ya, air yang menurut sejarah Islam ditemukan oleh Siti Hajar ini tak pernah kering meski berada di tanah Arab yang kering dan sangat jarang terjadi hujan.

Umat Islam mempercayai hal tersebut sebagai mukjizat dari Allah swt seperti yang tercantum dalam kitab suci Al Qur’an. Air zam-zam ditemukan oleh Siti hajar setelah sebelumnya ia berlari bolak-balik antara padang Safa dan Marwah.

Air zam-zam tidak pernah habis meski terus dipakai dan dikonsumsi oleh jutaan umat Islam di dunia yang melakukan ibadah ke tanah Suci. Bahkan tak jarang dari mereka membawa pulang puluhan liter air zam-zam untuk dibawa pulang ke negeri asalnya.

keajaiban-air-zam-zam

Ilustrasi

Beberapa orang mengaku mendapat khasiat yang luar biasa setelah mereka meminum air zam-zam. Salah satu khasiatnya ialah ledakan semangat yang luar biasa setelah meminum air zam-zam, dan menghindarkan seseorang dari kelelahan.

Keajaiban air zam-zam turut mengundang perhatian para ahli untuk meneliti keunikan air yang telah ribuan tahun dikonsumsi umat muslim tersebut.

  Pemecah Rekor Bayi Terbesar Di Dunia

Peneliti mencatat bahwa air zam-zam memiliki mineral esensial yang sempurna dan keseimbangan yang baik pada elektrolit. Air zam-zam juga terbukti sangat bagus untuk kesehatan.

Banyak penelitian telah dilakukan di beberapa laboratorium Arab dan seluruh dunia. Hasil penelitian ternyata air zam-zam memiliki banyak kelebihan dibanding air mineral kemasan pada umumnya. Air zam-zam banyak mengandung magnesium, kalsium, dan fluoride sehingga sangat berkhasiat untuk memulihkan kembali kondisi tubuh yang kelelahan.

Yang lebih menakjubkan lagi adalah fakta bahwa air zam-zam adalah seratus persen alami dan tidak pernah diolah secara kimia. Sehingga air zam-zam tidak pernah terkontaminasi dan tidak mengenal kadaluarsa.

Peneliti ternama Robert M Delimon dari Geoteknologi LIPI mengatakan air zam-zam sangat kaya akan mineral dibandingkan dengan air tanah yang lain, hal ini tentu dipengaruhi oleh faktor cuaca dan geologis.

Cuaca di Mekkah yang panas dan sangat jarang mengalami hujan membuat mineral terkonsentrasi dengan sempurna dalam air, sehingga air zam-zam begitu bermanfaat bagi kesegaran tubuh.

Keajaiban air Zam-Zam di Mata Ilmiah Diperbarui: Maret 22, 2016 Penulis: admin