Kegunaan Daun Pepaya

Kegunaan Daun Pepaya

Kegunaan dan Khasiat Daun Pepaya – Pengobatan alternatif semakin populer, orang-orang mulai mencari-cari di alam bahan untuk makanan dan suplemen. Tampak jelas bahwa makanan organik lebih unggul dibanding makanan konvensional dalam menjaga kesehatan tubuh. Salah satu suplemen yang tidak boleh diabaikan adalah ekstrak daun pepaya. Selain dikonsumsi sebagai buah, manfaat daun pepaya untuk kesehatan digunakan sebagai obat tradisional. Khususnya suku aborigin di Australia, Vietnam, Indonesia dan beberapa negara Asia.

Daun pepaya memang terasa pahit, tetapi di balik rasa pahitnya daun pepaya memiliki banyak khasiat. Sayangnya, masih banyak yang belum tahu tentang khasiat daun pepaya. Ada beberapa orang yang menyukai daun pepaya dan biasanya mereka mengkonsumsinya sebagai lalapan.

Dari beberapa penelitian dijelaskan dalam batang tanaman dan daun pepaya mengandung banyak getah putih seperti susu (white milky latex) yang bersifat anti kanker. Manfaat getah pepaya terbukti sebagai anti tumor dan kanker alami. Hal ini disebabkan oleh kandungan senyawa karpain, alkaloid laktonat yang dikelilingi oleh kelompok rantai metilen.

kegunaan-manfaat-khasiat-daun-pepayaDengan susunan ini, tak hanya tumor, kanker dan penyakit kulit yang bisa disembuhkan, karpain juga mampu menghambat mikroorganisme yang mengganggu fungsi kinerja pencernaan. Jadi, efektif untuk menekan penyebab tifus. Daun pepaya juga mengandung berbagai zat seperti vitamin A, B1, kalori, protein lemak, kalsium, karbohidrat, zat besi, fosfor dan air.

  Informasi Tentang Diet Selai Kacang Yang Menakjubkan

Manfaat daun Pepaya Bagi Kesehatan Seorang Wanita

1. Jerawat. Keringkan daun pepaya tua 2-3 lembar, rendam dengan air lalu peras. Oleskan sari daun pepaya pada jerawat.

2. Keputihan. Ambil daun pepaya dengan akar rumput buluh. Potong-potong daun pepaya kemudian rebus dengan akar rumput dan air 1.5 liter sampai mendidih. Setelah itu, saring kemudian minum satu gelas sehari. Lakukan secara teratur.

Selain itu, lebih dari 50 asam amini terkandung dalam getah pepaya antara lain asam aspartat, serin, treonin, prolin, asam glutamat, alanin, glisin, valine, isoleusin, tirosin, fenilalanin, histidin, lisin, arginin, tritophan dan sistein. Bahan ini biasanya dimasukkan dalam bahan baku industri kosmetik untuk menghaluskan kulit, menguatkan kulit, menguatkan jaringan dan menjaga gigi dari timbunan plak.

Khasiat Daun Pepaya untuk Kesehatan

1. Menyehatkan pencernaan. Daun Pepaya mengandung senyawa kimia yang dapat membunuh mikroorganisme karpain yang sering mengganggu fungsi pencernaan.

2. Meningkatkan nafsu makan. Bagi anak-anak yang sulit makan dapat diatasi dengan cara mengambil daun pepaya segar dengan ukuran telapak tangan, tambahkan sedikit garam dan setengah cangkir air hangat. Campur semua kemudian aduk dan saring airnya. Minuman ini dapat digunakan sebagai penambah nafsu makan.

  Berbagai Alasan Kenapa Anda Harus Meningkatkan Daya Ingatan Anda

3. Anti jerawat. Daun pepaya dapat menyembuhkan jerawat dengan membuat masker.

4. Nyeri haid. Bagi wanita yang sering merasakan nyeri saat haid dapat menggunakan pepaya untuk mengurangi rasa sakit. Caranya dengan mengambil daun pepaya lalu tambahkan asam dan garam. Campur dengan segelas air, rebus dan minum setelah dingin.

5. Demam Berdarah. Kegunaan daun pepaya juga dapat menyembuhkan demam berdarah dengan cara gunakan 5 lembar dari daun pepaya, lalu tambahkan 1/2 liter air lalu direbus dan biarkan sampai airnya tinggal setengah.

6. Anti kanker. Ada beberapa wancana yang menyebutkan bahwa khasiat daun pepaya juga dapat dikembangkan sebagai anti kanker. Tapi ini hanya sebatas wacana, perlu penelitian lebih lanjut.

Kegunaan Daun Pepaya Diperbarui: Maret 22, 2016 Penulis: admin