Keunikan Unta, Bertahan Hidup di Padang Pasir

Keunikan Unta, Bertahan Hidup di Padang PasirReviewed by on.This Is Article AboutKeunikan Unta, Bertahan Hidup di Padang PasirAnda pasti pernah mendengar tentang hewan unta dalam kehidupan sehari-hari. Hewan yang memilki leher panjang ini ternyata punya beberapa kelebihan. Apa saja keunikan dari hewan yang hidup di padang pasir ini? Seperti diketahui, unta hidup di padang pasir di daerah timur tengah seperti Arab Saudi. Unta dikenal sebagai hewan yang kuat. Hal ini terbukti bahwa […]

Anda pasti pernah mendengar tentang hewan unta dalam kehidupan sehari-hari. Hewan yang memilki leher panjang ini ternyata punya beberapa kelebihan. Apa saja keunikan dari hewan yang hidup di padang pasir ini? Seperti diketahui, unta hidup di padang pasir di daerah timur tengah seperti Arab Saudi. Unta dikenal sebagai hewan yang kuat. Hal ini terbukti bahwa mereka dapat bertahan hidup menghadapi badai padang pasir dan terik matahari selama satu bulan penuh. Beberapa manfaat dari unta adalah dapat diperas susunya untuk kemudian dikonsumsi. Susu yang berasal dari unta terbukti tidak kalah sehat dengan susu yang berasal dari Sapi.

Mungkin anda penasaran, apa yang membuat untuk menjadi begitu kuat dan bisa hidup tanpa makanan selama berhari-hari. Salah satu jawaban adalah kemampuan mereka dalam beradaptasi. Mereka dapat menyimpan lemak khusus pada punuknya, untuk kemudian diproses menjadi air saat dibutuhkan. Proses pengubahan dari lemak menjadi air tersebut dibantu dengan oksigen dan proses respirasi. Selain itu unta juga dapat bertahan dalam suhu panas hingga mencapai 41 derajat celcius.

keunikan-hewan-unta

Adapun beberapa keunikan unta diantaranya :

1. Unta memang telah disetting khusus untuk dapat bertahan di padang pasir. Hal ini terbukti bahwa unta bisa bertahan hingga tiga minggu di padang pasir meski tanpa air.

2. Kemampuan unta yang dapat bertahan lama tanpa air tak lepas dari kemampuannya meminum air sekitar 130 liter air sekaligus.

3. Di sekitar bagian atas unta, terdapat ponok yang dapat menampung banyak lemak yang fungsinya sebagai persediaan makanan. Jadi meskipun tidak makan berhari-hari, unta tetap bisa bertahan hidup karena telah memiliki cadangan makanan pada ponoknya.

4. Meski hidup di padang pasir, tidak akan pernah ada sebutir pasir pun yang dapat masuk ke mata unta. Karena mereka memiliki bulu mata khusus berbentuk sisir yang saling melekat satu sama lain.

5. Untuk bertahan dalam cuaca padang pasir yang panas, unta memilki bulu tebal yang terdiri dari bulu kempa dan rabut tebal. Sehingga cuaca sepanas apapun tidak akan membuat unta merasa kelelahan.

Unta sendiri adalah hewan kurban oleh kaum muslim. Daging unta sering digunakan dalam prosesi ibadah kurban.

Subscribe

Terima kasih sudah membaca artikel mamaeka.com , silahkan bergabung bersama mamaeka.com melalui email dengan mengisi form dibawah ini.