Macam-Macam Penyakit Kulit

Macam-Macam Penyakit Kulit

Penyakit kulit merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja. Meskipun tidak termasuk dalam jenis penyakit kronis, namun penyakit kulit harus tetap diwaspadai karena bisa menimbulkan efek buruk bagi tubuh seperti luka bekas yang tidak hilang. Penyakit ini tidak bisa disepelekan karena kulit merupakan lapisan pertahanan terhadap bakteri dan virus. Penyakit pada kulit juga dapat berpengaruh pada beberapa organ tubuh lain.

Selain melindungi tubuh dari virus dan bakteri, kulit berfungsi mengatur suhu tubuh agar tetap stabil. Gangguan pada kulit bisa terjadi karena berbagai faktor seperti cuaca, kebiasaan hidup yang tidak sehat, alergi, dan lingkungan. Penyakit kulit bisa dibedakan menjadi beberapa macam tergantung dari tingkat keganasannya.

Beberapa macam penyakit kulit diantaranya:

macam-macam-penyakit-kulit Dermatitis (Eksim). Gejala awal yang dirasakan oleh penderita dermatitis adalah rasa gatal yang berlebihan pada bagian kulit. Hal ini disertai dengan kulit kemerahan, kasar dan pecah-pecah, timbul gelembung, bersisik, dan mengandung cairan nanah. Penyakit dermatitis umumnya menyerang kulit tangan, kaki, tetilnga, dan lipatan paha. Penyakit ini biasanya disebabkan alergi senyawa kimia, obat-obatan, kosmetik, dan beberapa jenis makanan.

  Khasiat Buah Naga untuk Kesehatan

 Furunkel (Bisul). Penyakit bisul ditandai dengan munculnya benjolan besar berwarna merah pada kulit. Benjolan tersebut biasanya akan terasa panas dan mengandung nanah. Penyakit bisul umumnya menyerang daerah bokong, lipatan paha, dan ketiak. Bisul disebabkan oleh adanya infeksi bakteri Stafilofokus aureus melalui kelenjar keringat dan folikel rambut. Beberap faktor yang bisa mendorong terjadinya penyakit bisul diantaranya kebersihan kuli yang buruk, infeksi luka, kosmetik yang menyumbat pori, dan zat kimia.

 Rubella (Campak). Penyakit ini disebabkan oleh virus dan bersifat menular. Campak biasanya lebih sering menyerang anak-anak di bawah umur 12 tahun. Beberapa gejala awal penyakit campak diantaranya nafsu makan menurun, sakit kepala, deman, pilek, badan lesu, dan peradangan pada mata.

 Jerawat. Baru-baru ini sebuah penelitian mencatat bahwa 80 persen tubuh manusia pernah mengalami jerawat. Ya, jerawat merupakan penyakit kulit yang paling sering ditemukan terutama pada remaja. Jika tidak dilakukan pengobatan sejak awal, jerawat bisa berkembang dan menimbulkan bekas pada kulit.

Itulah beberapa macam penyakit kulit yang tentunya harus anda waspadai. Jangan sampai kepercayaan diri anda hilang hanya gara-gara terserang penyakit kulit. Oleh sebab itu mulailah melakukan kebiasaan sehat seperti mandi secara rutin minimal 2 kali sehari, agar kulit tetap bersih dan terhindar dari bakteri jahat.

  Cara Merawat Rambut Agar Tidak Rontok
Macam-Macam Penyakit Kulit Diperbarui: Maret 22, 2016 Penulis: admin