Manajemen Emosi Pada Anak

Manajemen Emosi Pada Anak

Kemarahan merupakan sebuah emosi yang normal, namun sebuah emosi yang normal tersebut bisa menjadi sesuatu yang menyakitkan dan jelek bagi yang menerimanya. Kemarahan biasanya melibatkan pasangan, orangtua yang meyalahkan anaknya, maupun antara guru dan murid.

Diantara sekian banyak kemarahan tersebut kemarahan orangtua terhadap anaknya merupakan sebuah kemarahan dan sisi emosional yang memiliki dampak yang paling buruk, hal ini terjadi karena anak dan orangtua terdapat satu ikatan emosional yang tidak dapat terpisahkan sehingga jika terjadi suatu hal yang menyangkut kemarahan maka akan mempengaruhi hubungan antara keduanya.

manajemen-emosi-pada-anakSelain jadi objek kemarahan anak-anak juga sering mengalami kemarahannya sendiri, anak-anak cenderung marah jika keinginannya tidak dipenuhi oleh orangtua. Namun banyak orangtua yang acuh dan tidak mengindahkan pertanda kemarahan sang anak tersebut dan beranggapan bahwa apa yang dilakukan sang anak merupakan sifat umum dari seorang anak sehingga tidak perlu dilakukan penanganan lanjutan, padahal jika dibiarkan maka sifat emosional anak-anak berisiko terbawa sampai bertambahnya usia, sehingga manajemen emosi dan kemarahan anak menempati porsi yang penting untuk mendapatkan perhatian.

  Cara Merawat Rambut Agar Tidak Rontok

Seorang anak membutuhkan intruksi dan bimbingan dalam proses menuju kedewasaan mereka agar tidak terjadi penyimpangan sikap dan kepribadian yang negatif. Biasanya apa yang anak-anak lihat dan alami saat dimasa mudanya akan bepengaruh kepada masa remaja dan dewasanya. Tentu akan menjadi tantangan tersendiri bagi orangtua untuk bisa mengendalikan dan memanajemen emosional anaknya agar bisa terkendali dan positif.

Salah satu solusi dalam manajemen emosi terhadap anak adalah dengan mengajaknya berbicara, berbicara tidak harus selalu dengan kita karena terkadang tidak semua anak bisa nyaman berbicara dengan orangtuanya, untuk itulah perlu adanya seorang sosok yang bisa membuatnya nyaman untuk berbicara dan mencurahkan semua masalah serta kemarahannya sebelum menjadi penyakit emosional yang mengganggu pertumbuhan. Selain berbicara bisa juga untuk meminta anak untuk menggambarkan kemarahan dan sisi emosionalnya melaui gambar maupun tulisan, lalu memberikan bantuan saat anak membutuhkan bantuan akan bisa membantu anak dalam menyalurkan emosi mereka.

Satu hal yang pasti harus di sadari oleh orangtua adalah anak-anak tidak dibekali dengan pikiran yang cukup untuk bisa mengatasi masalah besar diluar kemampuan berpikirnya sehingga penting adanya untuk memberikan manajemen emosi yang baik bagi anak.

  Terapi Alami Untuk Meringankan Insomnia
Manajemen Emosi Pada Anak Diperbarui: Maret 22, 2016 Penulis: admin