Membuat Kebun Sederhana di Rumah

Membuat Kebun Sederhana di Rumah

Berkebun tidak harus di lahan yang luas, namun disekitar rumah saja yang memiliki lahan sedikit sudah bisa membuat kebun sendiri yang kecil namun tetap tampak rindang dan sejuk dilihat mata.Membuat Kebun Sederhana di Rumah Saat ini telah banyak cara supaya berkebun bisa dilakukan di sekitar rumah yang memiliki pekarangan sempit. Jangan khawatir bila anda hanya memiliki lahan yang sempit untuk berkebun, sebab kali ini saya akan memberikan beberapa tips berkebun di rumah dengan lahan yang sempit. Selain menyenangkan berkebun bisa mengurangi rasa lelah dan stres kita setelah seharian bekerja.

Berikut beberapa tips berkebun yang murah dan aman:

  • Menanam tanaman dengan menggunakan media kontainer = banyak sekali jenis sayuran yang bisa anda tanam didalam kontainer. Bila anda telah memiliki kontainer, maka isi kontainer tersebut dengan tanah yang subur, sirami dengan teratur, lokasi penempatan kontainer harus bisa mendapatkan pancaran sinar matahari. Dengan cara ini anda tidak perlu membutuhkan lahan yang luas untuk berkebun, cukup dengan kontainer atau tong.
  • Membuat kebun secara vertical = anda dapat membuat sendiri kebun yang vertikal di halaman rumah. Misalnya menanam tanaman dengan menggunakan pot sebagai medianya, lalu gantung pot tersebut. Selain itu anda juga bisa menanam tanaman rambat, sehingga dapat anda kembangkan secara vertikal.
  • Pilihlah tanaman yang dapat tumbuh cepat = pilihlah tanaman yang dapat tumbuh cepat, misalnya sayuran serta selada. Anda juga dapat menanam beberapa jenis tumbuhan sayur yang sehat dan higienis. Dengan cara ini anda dapat membuat kebun sayur sendiri untuk dimasak, jadi tidak perlu repot – repot pergi ke pasar lagi untuk mendapatkan sayuran segar.
  • Pilih tanaman kerdil = dikarenakan lahan anda sempit sebaiknya tidak menanam tumbuhan yang besar. Sebab tumbuhan bisa bertambah besar lagi sehingga lahan anda akan menjadi lebih sempit. Jadi pilihlah tanaman kerdil yang pertumbuhannya tidak lama seperti pohon, misalnya sayuran seperti kangkung, bayam dan lain sebagainya.
  • Memvariasikan tanaman = sebaiknya anda pilih tanaman yang umur panennya lebih lama sehingga akan tampak lebih bervariasi. Misalnya cabe dan lobak.
  Tips Merawat Halaman Rumah

Semoga ulasan singkat diatas bisa membantu anda dalam berkebun di rumah dengan mudah dan praktis.

 

Penulis: Endra Maulana

Ditulis untuk mamaeka.com

Membuat Kebun Sederhana di Rumah Diperbarui: Maret 22, 2016 Penulis: admin