Mengenal Beladiri Jiu Jitsu

Mengenal Beladiri Jiu Jitsu

Jiu Jitsu adalah salah satu jenis beladiri yang berasal dari negeri matahari terbit, Jepang. Jiu Jitsu sudah lama berkembang di Jepang namun semakin berkembang dan digunakan secara luas di Jepang pada era Jepang bersatu dalam awal 1600-an. Saat itu para penduduk sudah dilarang untuk membawa senjata lagi sehingga salah satu cara untuk mempertahankan diri adalah dengan cara melakukan beladiri tangan kosong seperti halnya Jiu Jitsu, dalam perkembangannya Jiu Jistsu juga diajarkan untuk para penjaga keamanan di Jepang jaman dahulu seperti polisi serta juga tentara.

mengenal-jiu-jitsuDari segi cara ilmu dan jurus, Jiu Jitsu merupakan ilmu pembelaan diri yang defensif Ilmu beladiri ini tidak menyerang secara frontal namun dengan melumpuhkan bagian vital lawan, mengunci persendian serta menjatuhkan lawan sehingga sang penyerang tidak lagi menjadi ancaman. Selain mengajarkan bagaimana cara membela diri, ilmu beladiri ini juga mengajarkan kepada kita untuk ketenangan dan fokus sehingga siapapun yang mempelajarinya akan juga dapat mendalami efisiensi, kesabaran dan lain sebagainya.

Hal lain yang menarik, Jiu Jitsu ini bukan merupakan satu macam aliran beladiri semata karena kemudian Jiu Jitsu memunculkan bentuk-bentuk seni beladiri baru seperti Judo dan Aikido yang keduanya merupakan seni beladiri yang menggunakan konsep dan cara beladiri mirip dengan Jiu Jitsu yakni pertahanan diri dan defensif.

  Kenapa RIM Menunda Peluncuran BlackBerry 10?

Secara garis besar gaya Jiu Jitsu dibagi kedalam dua bagian yakni gaya tradisional dan modern, perbedaan dari keduanya adalah gaya tradisional menerapkan konsep tradisional dalam gaya dan jurus yang digunakan mengacu pada saat Jiu Jitsu tersebut diciptakan. Sementara jurus dan gaya Jiu Jitsu modern sudah di adaptasi dan disesuaikan dengan keadaan era sekarang.

Jiu Jitsu memang berbeda dengan karate dan taekwondo yang sering dipertandingkan dalam berbagi cabang pertandingan olehraga internasional, namun bukan berarti Jiu Jitsu tidak bisa untuk di gelarkan dalam sebuah kompetisi, salah satu contohnya adalah Royce Gracie yang menggunakan gaya Jiu Jitsu Brazil dalam pertarungan gaya bebas UFC dan berhasil memenangkan kompetisi tersebut.

Yang pasti apapun jenis beladiri dan jurus yang akan di gunakan sebaiknya untuk digunakan dengan bijaksana sesuai dengan tujuan awal beladiri itu sendiri.

Mengenal Beladiri Jiu Jitsu Diperbarui: Maret 22, 2016 Penulis: admin