Mengenal Penyakit Meningitis

Mengenal Penyakit MeningitisReviewed by on.This Is Article AboutMengenal Penyakit MeningitisKata “Meningitis” berasal dari bahasa latin yaitu “Meninga” dan yunani “Menix” yang berarti “Membran”. Akhiran “Itis” berasal dari bahasa Yunani berarti “berkaitan dengan”. Dalam bahasa Inggris medis, akhiran “Itis” berati “Peradangan”. Selaput yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang secara kolekdtif disebut Meninges. Meningitis adalah peradangan pada meninges. Menurut kamus medis, penyakit meningitis adalah radang […]

Kata “Meningitis” berasal dari bahasa latin yaitu “Meninga” dan yunani “Menix” yang berarti “Membran”. Akhiran “Itis” berasal dari bahasa Yunani berarti “berkaitan dengan”. Dalam bahasa Inggris medis, akhiran “Itis” berati “Peradangan”. Selaput yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang secara kolekdtif disebut Meninges. Meningitis adalah peradangan pada meninges. Menurut kamus medis, penyakit meningitis adalah radang selaput otak atau sumsum tulang belakang.

Gejala dan Penyebab Meningitis
Penyakit meningitis umumnya disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, jamur, parasit dan organisme tertentu. Sistem kekebalan tubuh yang lemah dapat menyebabkan kumatnya penyakit meningitis. Sebagian besar kasus meningitis adalah disebabkan oleh virus.

gejala dan penyebab penyakit meningitis

1. Viral Meningitis
Enterovirus adalah penyebab paling umum dari viral meningitis. Virus ini dapat hidup di usus tanpa menyebabkan penyakit. Bila muncul penyakit meningitis, itu disebabkan oleh virus yang menular dari satu orang ke orang lain melalui makanan, air atau benda yang terkontaminasi. Meningitis yang disebabkan oleh enterovirus paling banyak terjadi pada bayi dan anak-anak.

2. Bacterial Meningitis
Bacterial meningitis paling banyak menyerang orang dewasa. Imunisasi yang diberikan secara teratur mencegah anak terjangkit bakteri ini. Ada dua jenis bakteri yang menyebabkan penyakit bacterial meningitis yaitu Streptococcus Pneumoniae dan Neisseria Meningitis.

Bakteri ini hidup di dalam tubuh terutama di bagian hidung dan tenggorokan tanpa menyebabkan penyakit. Tetapi, jika bakteri ini menyebar dan masuk ke aliran darah menuju cairan cerebrospinal atau jaringan (meninges) yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang maka penyakit meningitis tidak bisa dihindarkan. Bakteri ini biasa menular pada manusia melalui air liur atau lendir yang terinfeksi.

Gejala dan penyebab meningitis yang lain adalah Streptokokus B dan Listeria Monocytogenes. Meningitis yang disebabkan oleh streptokokus B paling sering terjadi pada bayi yang baru lahir atau bisa terinfeksi selama atau setelah melahirkan. Sedang penyakit meningitis yang disebabkan oleh listeria monocytogenes terjadi pada bayi baru lahir dan orang yang lanjut usia.

Wanita hamil pada usia kehamilan yang kedelapan atau sembilan bulan yang terjangkit bakteri streptokokus B diberikan antibiotik selama persalinan untuk mencegah infeksi pada bayi mereka nantinya.

Meningitis juga dapat disebabkan oleh organisme lain dan kondisi. Misalnya akibat dari komplikasi dari beberpa penyakit khususnya penyakit otak atau operasi otak.

Penyebaran Penyakit Meningitis
Organisme yang menyebabkan meningitis dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain, atau bisa juga melalui tikus dan serangga.

Infeksi Melalui Manusia:

1. Melalui persalinan. Selama kehamilan, seorang ibu bisa terjangkit organisme yang menyebabkan meningitis bahkan jika si ibu tidak menampakkan gejala apa pun. Melahirkan melalui operasi caesar bisa menyebabkan bakteri ini tertular ke bayi dibanding bila menjalani persalinan normal.

2. Melalui tinja. Dudukan kloset bisa saja terjangkit oleh enterovirus dan beberapa jenis bakteri lainnya. Mencuci tangan dengan sabun bisa mencegah anak – anak dan orang dewasa untuk bisa terinfeksi

3. Melalui batuk dan bersin. Orang yang terinfeki bisa menularkan penyakit meningitis ini melalui air liur atau lendir di hidung dan tenggorokan.

4. Melalui Ciuman. Kontak seksual atau kontak dengan darah yang terinfeksi juga bisa menyebabkan meningtis

Infeksi Melalui Hewan
Dalam beberapa kasus yang terjadi, organisme yang menyebabkan meningitis adalah berasal dari tikus dan serangga. yang paling umum adalah Arbovirus yang ditularkan melalui debu dan makanan yang terkontaminasi oleh urin tikus yang terinfeksi.

Subscribe

Terima kasih sudah membaca artikel mamaeka.com , silahkan bergabung bersama mamaeka.com melalui email dengan mengisi form dibawah ini.