Mengenal Sistem Kerja Mesin 4 Tak

Mengenal Sistem Kerja Mesin 4 Tak

Mengenal Sistem Kerja Mesin 4 Tak. Pada sistem kerja bensin, pada dasarnya terdapat dua sistem pembakaran yaitu mesin 2 tak dan 4 tak. Hal ini mungkin sudah tak asing untuk anda yang bergerak atau menggeluti profesi di bidang kendaraan. Namun bagaimana jika anda seorang yang awam terhadap kendaraan? Ada baiknya anda menyimak sedikit penjelasan mengenai sistem mesin 4 tak.

Hal ini agar menambah pengetahuan anda dalam berkendara. Perlu diketahui bahwa mesin 4 tak memiliki beberapa keunggulan dibanding mesin 2 tak. Keunggulan tersebut pada umumnya terletak pada emisi bahan bakar. Mesin 4 tak biasanya lebih bersih dan irit bahan bakar.

Seiring perkembangan jaman, mesin 2 tak kini mulai ditinggalkan oleh para produsen kendaraan. Selain menyebabkan pulusi udara pada lingkungan, mesin 2 tak juga sangat boros bahan bakar. Masyarakat tentu lebih memilih mesin yang ramah lingkungan dan ramah dompet.

mengenal-sistem-kerja-mesin-4-takAda beberapa perbedaan antara mesin 4 tak dan 2 tak. Mesin 4 tak bisa lebih irit BBM karena memiliki katup yang berfungsi sebagai keluar masuknya bahan bakar pada silinder. Sementara mesin 2 tak tidak memiliki katup sehingga mesin ini cenderung lebuh menguras tenaga dan boros energi.

  Tips Merawat Mesin Mobil

Ada beberapa hal yang mungkin penting anda ketahui mengenai langkah-langkah sistem pembakaran mesin 4 tak. Beberapa diantaranya yaitu langkah hisap, kompresi, pembakaran, dan pembuangan. Langkah-langkah sistem mesin 4 tak tersebut akan dibahas secara singkat di bawah ini:

1. Langkah Isap. Langkah ini adalah posisi awal dimana katup buang berada dalam keadaan tertutup, sedangkan katup isap berada dalam keadaan terbuka. Campuran bahan bakar akan terisap ke dalam silinder karena piston bergerak ke bawah.

2. Langkah kompresi. Pada langkah kompresi, Piston akan terdorong ke atas oleh crankshaft atau poros engkol. Campuran bahan bakar akan dimapatkan dengan posisi kedua katup tertutup.

3. Langkah pembakaran. Pada saat kedua katup dalam keadaan tertutup, busi akan secara otomatis memercik api untuk membakar bensin, sehingga akan ada dorongan piston dengan tekanan tinggi. Nah dorongan piston inilah yang akan menghasilkan energi untuk menggerakan roda.

4. Langkah pembuangan. Proses ini akan kembali menggerakan piston ke atas untuk mengeluarkan sisa pembakaran melalui knalpot.

Nah itulah beberapa sistem pembakaran yang terjadi pada mesin 4 tak. Saat ini mesin 4 tak telah menjadi favorit sebagian besar kalangan masyarakat karena irit bahan bakar. Jadi pilih mana, 4 tak atau 2 tak? Sesuaikan dengan kantong dan kebutuhan anda.

  Tips Berkendara Motor Bagi Pemula
Mengenal Sistem Kerja Mesin 4 Tak Diperbarui: Maret 22, 2016 Penulis: admin