Merancang Pendidikan Efektif di Keluarga

Merancang Pendidikan Efektif di Keluarga

Membicarakan tentang pendidikan tentu hal yang akan kita tuju pertama kali adalah mengenai pendidikan di lingkungan keluarga. Hal ini tentu saja berkaitan dengan salah satu fungsi utama keluarga yaitu sebagai media pendidikan yang pertama kali di kenal. Terlebih saat ini dengan banyaknya penyimpangan yang terjadi di masyarakat, khususnya menyangkut perilaku yang terjadi pada seorang anak dan remaja maka yang perlu dipikirkan pertama kali adalah tentang pendidikan di keluarganya.

pendidikan di lingkungan keluarga Masalah-masalah tersebut terjadi karena kurang berjalannya sistem pembelajaran di keluarga sehingga berdampak pada tindakan menyimpang yang dilakukan oleh seorang anak. Nah untuk mengulik hal tersebut maka pada artikel berikut ini kita akan membahas tentang seperti apa pendidikan di keluarga yang layak untuk kita terapkan pada anak sehingga kita dapat melakukan upaya preventif yang terbaik.

  1. Pendidikan agama. Agama merupakan tolak ukur yang pasti dapat dikatakan sebagai penentu tingkah laku seseorang. Keimanan dan kepatuhan seseorang khususnya anak pada agama dapat menjadi hal yang sangat baik untuk membentengi seorang dari pengaruh negatif yang berasal dari luar lingkungan keluarga. Pendidikan agama merupakan sebuah hal yang sangat lengkap terkait dengan pendidikan moral, sosial,  bahkan untuk individu itu sendiri. Jadi kehadirannya sangat mutlak diperlukan dalam sebuah keluarga.
  2. Mengajarkan sosialisasi yang terbaik pada anak. Sosialisasi merupakan sebuah hal yang teramat penting  dalam kehidupan yang kita jalani. Dan hal tersebut pertama kali terjadi pada keluarga. Dengan demikian sebuah keluarga yang baik akan dapat mengajarkan kepada seseorang tentang bagaimana bertingkah laku di masyarakat, bagaimana cara bekerja sama dengan orang lain. Dan melalui pendidikan sosialisasi dalam lingkungan keluarga inilah yang kelak membuat seseorang akan mampu dengan baik menempatkan dirinya di lingkungan baru di luar keluarganya.
  3. Yang selanjutnya adalah tentang kecakapan-kecakapan yang diperlukan dalam menjalani kehidupan. Disini peranan keluarga sangat penting dalam memberikan pendidikan yang bersifat keduniawian. Mulai dari pelajaran sekolah atau tentang keterampilan hidup lainnya.
  6 Cara Mengatasi Grogi Dengan Mudah

Metode pendidikan yang dapat kita aplikasikan dalam sebuah keluarga memang sangat bervariasi saat ini sesuai dengan keadaan dan kondisi masing-masing. Namun jika hal-hal yang saya sebutkan di atas mampu terealisasikan dengan baik maka akan menciptakan pendidikan keluarga yang efektif dan baik.

Penulis: Endra Maulana

Ditulis untuk mamaeka.com

Merancang Pendidikan Efektif di Keluarga Diperbarui: Maret 28, 2016 Penulis: admin