Pendidikan Utama untuk Bangsa

Pendidikan Utama untuk Bangsa

Saat ini ada banyak sekali masalah yang sedang di hadapi oleh Negara berkembang seperti Indonesia. Negara kita dikenal sebagai Negara yang menjunjung tinggi kebudayaan timur. Namun sayangnya saat ini kebudayaan yang menjadi kebanggaan tersebut justru luntur. Mengapa bisa terjadi? Bukankah di sekolah-sekolah telah banyak diajarkan kepada murid-murid tentang berbagai hal tentang kebudayaan tersebut. hal ini tentu menjadi sebuah masalah yang perlu untuk dipikirkan bersama oleh pemerintah, dan semua masyarakat agar Indonesia dapat mempertahankan kebudayaan timur yang selama ini telah melekat. Artikel berikut ini akan membahas tentang beberapa jalan pendidikan yang mungkin menjadi sebuah hal yang menjadi titik perhatian yang semestinya kita pandang sebagai kebutuhan mutlak.

Pendidikan Utama untuk Bangsa

Sebagai berikut:

  1. Pendidikan yang menempati urutan pertama dan merupakan sebuah hal yang penting kita gunakan sebagai landasan adalah tentang pendidikan agama. Sebagai Negara multikultural seperti Indonesia, tentunya akan sangat mengedepankan tentang toleransi beragama. Namun disini peranan memperkuat kepercayaan masing-masing pemeluk agama akan membentengi pengaruh dampak negatif dari budaya barat. Dengan kata lain menggunakan pendidikan agama sebagai pelindung utama dari lunturnya kebudayaan timur.
  2. Pendidikan kebudayaan di sekolah yang seharusnya mendapatkan sebuah tempat khusus yang mendapat waktu lebih. Selama ini kita mungkin hanya menganggap pendidikan kebudayaan sebagai pelajaran tambahan dan hanya memberikannya pada ekstra kurikuler. Dan hal inilah yang akhirnya membuat kebudayaan tersebut menjadi luntur. Terlebih saat ada pengaruh dari globalisasi kebudayaan hingga kebudayaan baru yang dinilai lebih menarik masuk dengan pesat. Untuk itulah sangat peting mengemas kebudayaan menjadi sebuah hal yang lebih menarik agar lebih dicintai.
  3. Peningkatan pendidikan kewarganegaraan. Indonesia sebenarnya memiliki sebuah dasar Negara yang sangat mulia yakni Pancasila. Yang dengannya jika benar-benar dapat teraplikasi pada generasi muda maka akan melahirkan generasi yang berkualitas dalam kemajuan bangsa kedepannya. Meningkatkan pendidikan kewarganegaraan di sekolah, di rumah maupun di masyarakat sangat penting untuk menanamkan nilai-nilai luhur yang telah mendarah daging tersebut.
  Merancang Pendidikan Efektif di Keluarga

Setiap harinya ada banyak budaya baru yang masuk di Indonesia sebagai pengaruh dari globalisasi. Dan untuk mengatasi hal tersebut maka pendidikan agama, pendidikan kebudayaan dan juga pendidikan kewarganegaraan memegang peranan penting yang harus ditingkatkan agar dapat menjadi pelindung dari kebudayaan yang kita banggakan.

Pendidikan Utama untuk Bangsa Diperbarui: Maret 28, 2016 Penulis: admin