Pentingnya Sosialisasi pada Keluarga

Pentingnya Sosialisasi pada Keluarga

Keluarga merupakan kelompok masyarakat terkecil yang memiliki hubungan yang erat dan bersifat intim. Di keluarga ini setiap individu belajar tentang bagaimana menjalani kehidupan sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan antara satu dengan yang lainnya. Tak salah jika akhirnya kita mengambil sebuah kesimpulan bahwa tingkah laku seorang individu di masyarakat sangat dipengaruhi oleh proses yang terjadi di dalam lingkungan keluarga tersebut.Sosialisasi pada Keluarga

Sebagai salah satu contohnya adalah ketika ada seorang anak yang melakukan sebuah tindakan yang menyimpang maka dapat dinyatakan bahwa ada hubungannya dengan sosialisasi yang kurang baik di lingkungan keluarganya. Sosialisasi di dalam sebuah keluarga memegang peranan penting yang diantaranya akan saya sebutkan seperti di bawah ini:

  1. Sosialisasi di keluarga dapat menjadi sebuah alat penanaman nilai dan norma sosial dari orang tua kepada anaknya. Disini peranan orang tua adalah sebagai guru bagi anak dan lebih dari itu juga menjadi teladan yang akan dicontoh dan diidolakan oleh seorang anak. karena orang tua merupakan individu lain yang pertama mereka kenal dan yang pertama pula memiliki kedekatan batin yang kuat. Jadi dengan demikian penanaman nilai dan norma sosial pun akan berjalan dengan baik jika orang tua mampu memberikan contoh yang nyata pada anaknya.
  2. Sosialisasi sangat penting untuk kedekatan antara orang tua dan anaknya. Saat anda berkomunikasi dengan sedemikian rupa pada anak anda maka akan tercipta sebuah hubungan yang baik antara anak dengan orang tuannya. Intensitas komunikasi dan pertemuan anak dengan orang tuannya tersebut sangat mempengaruhi kedekatan antara anak dan orang tua. Jadi dengan sosialisasi yang baik maka akan tercipta sebuah lingkungan keluarga yang harmonis.
  3. Sosialisasi di lingkungan keluarga sebagai wujud pengendalian sosial. Setelah menanamkan nilai dan norma sosial serta telah memiliki kedekatan yang harmonis antara anak dan orang tua maka tentu anak akan menjadi lebih terbuka kepada orang tua terhadap masalah-masalah yang sedang dihadapinya. Saat anak terbuka dengan orang tuanya maka secara otomatis orang tua yang baik akan membantu anak ke arah jalan yang positif sehingga kemungkinan anak melakukan penyimpangan sosial pun semakin kecil.
  Peran Penting Perempuan Dalam Mengatur Keuangan Keluarga

Keluarga sebagai media sosialisasi utama dan pertama memiliki peranan yang tak bisa terpisahkan dari pembentukan karakter seorang individu di masa depan. Karenanya kehadiran sosialisasi dalam keluarga mutlak adanya.

Pentingnya Sosialisasi pada Keluarga Diperbarui: Maret 22, 2016 Penulis: admin