Penyebab dan Pencegahan Penyakit Lupus

Penyebab dan Pencegahan Penyakit LupusReviewed by on.This Is Article AboutPenyebab dan Pencegahan Penyakit LupusMeskipun penyebab penyakit lupus belum sepenuhnya diketahui secara pasti, penyakit ini diyakini berasal dari interaksi genetik, faktor lingkungan (seperti sinar ultra violet, stress, infeksi, obat-obatan tertentu dan bahan kimia) dan hormonal. Sistem kekebalan tubuh dirancang untuk menyerang zat-zat asing dalam tubuh. Jika tubuh terkena lupus, sesuatu yang tidak beres terjadi dengan sistem kekebalan tubuh dan […]

Meskipun penyebab penyakit lupus belum sepenuhnya diketahui secara pasti, penyakit ini diyakini berasal dari interaksi genetik, faktor lingkungan (seperti sinar ultra violet, stress, infeksi, obat-obatan tertentu dan bahan kimia) dan hormonal.

Sistem kekebalan tubuh dirancang untuk menyerang zat-zat asing dalam tubuh. Jika tubuh terkena lupus, sesuatu yang tidak beres terjadi dengan sistem kekebalan tubuh dan menyerang sel-sel sehat dan jaringan. Penyakit ini menyerang bagian tubuh, seperti:
- Sendi
- Kulit
- Ginjal
- Jantung
- Paru-paru
- Pembuluh darah
- Otak

Apakah Penyakit Lupus Menular?
Belum ada satu pun yang membenarkan bahwa penyakit lupus menular. Tetapi kebanyakan peneliti setuju bahwa pengaruh genetika atau keturunan setidaknya satu faktor yang menentukan seseorang mengidap penyakit ini. Bila ada seseorang yang terkena lupus, bukan berarti penyakit lupus menular  padanya, periksa dulu riwayat kesehatan keluarganya. Penyakit ini lebih sering menyerang perempuan, tetapi pria juga bisa terserang lupus.

penyebab-pencegahan-penyakit-lupus
Gejala Penyakit Lupus:
Gejala penyakit ini bervariasi, tetapi ada beberapa gejala yang paling umum, yaitu:
- Nyeri atau bengkak pada sendi
- Nyeri otot
- Demam yang tidak diketahui penyebabnya
- Ruam merah, paling sering terkena di wajah
- Nyeri dada saat bernafas
- Rambut Rontok
- Jari tangan pucat atau berwarna ungu
- Pembengkakan di kaki atau di sekitar mata
- Cepat Lelah
- Kehilangan nafsu makan

Penyebab Penyakit Lupus:
Selain karena faktor genetika, ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan seseorang terkena lupus, yaitu:

1. Genetika
Seperti yang telah dikatakan di atas bahwa penyakit ini dipengaruhi oleh faktor genetika dimana lupus bisa ditularkan dari orang tua kepada anaknya. Kehamilan pada wanita yang menderita lupus dianggap beresiko tinggi, tetapi sebagian besar melahirkan bayinya dengan sehat dan aman. Wanita hamil dengan lupus harus sering memeriksakan diri ke dokter. Konseling dan perencanaan sangat penting. Wanita lupus yang tidak ingin hamil atau sedang mengkonsumsi obat yang bisa membahayakan bayi bisa menggunakan alat kontrasepsi. Kontrasepsi oral aman bagi wanita yang menderita lupus.

2. Lingkungan.
Penelitian menyatakan bahwa faktor lingkungan sebagai pemicu lupus. Faktor lingkungan ini termasuk paparan sinar ultraviolet, merokok, asap rokok, stress, racun seperti trichloroethyele dalam air sumur dan debu silika.

3. Hormon dan Penyakit
Beberapa penelitian menemukan korelasi antara peningkatan resiko lupus dan tingkat estrogen yang tinggi, ini salah satu penjelasan mengapa penyakit ini lebih sering menyerang wanita dibanding pria. Metabolisme estrogen yang abnormal dianggap sebagai faktor utama.

Pengobatan Lupus
Karena gejala lupus bervariasi maka jenis pengobatannya pun beragam. Butuh waktu untuk menemukan pengobatan yang tepat untuk setiap penderita. Perawatan yang sebaiknya dilakukan adalah:
- Istirahat
- Terapi fisik untuk melatih otot
- Menghindari paparan sinar matahari
- Obat-obatan yang diresepkan oleh dokter

Pencegahan Penyakit Lupus
Karena penyakit lupus menyerang kulit, penderita harus menghindari paparan sinar matahari langsung. Selain itu juga harus mengubah gaya hidup. Pencegahan penyakit lupus memerlukan gaya hidup sehat seperti olahraga teratur, menjaga makanan yang sehat dengan memperbanyak buah dan sayuran. Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin D dan protein.

Subscribe

Terima kasih sudah membaca artikel mamaeka.com , silahkan bergabung bersama mamaeka.com melalui email dengan mengisi form dibawah ini.