Peran Penting Perempuan Dalam Mengatur Keuangan Keluarga

Peran Penting Perempuan Dalam Mengatur Keuangan Keluarga

Belakangan ini kartini-kartini Indonesia memiliki peran yang besar dalam dunia mereka, baik dalam karir yang kian melambung tanpa harus meninggalkan tugas dan tanggung jawab menjadi ibu rumah tangga yang hebat. Di dalam keluarga pun, perempuan tak hanya berperan menjadi babysitter atau mengurus rumah, perempuan juga memiliki peran yang vital dalam menata keuangan keluarga agar keuangan keluarga tetap sehat dan aman. Dengan adanya peran perempuan yang lebih cermat dalam mengatur keuangan sehingga finansial keluarga tidak lebih besar pasak daripada tiang. Berikut beberapa peranan istri dalam keuangan keluarga:

peran-penting-perempuan-dalam-mengatur-keuangan-keluarga1. Mengelola cash flow yang seimbang.

Adalah penting untuk mencatat cash flow bulanan maupun tahunan untuk mengetahui seberapa besar pemasukan dan pengeluaran keluarga dan pemakaian uang ke arah yang jelas. Pastikan dana keluarga anda mengalir ke arah yang jelas dan benar-benar diperlukan. Selain itu, hal yang tak kalah pentingnya adalah dengan memastikan anda dapat menabung 10% pendapatan keluarga anda setiap bulannya untuk berinvestasi di hari tua. Istri yang bijak dan cermat mengatur keuangan pasti lebih disayang oleh suami.

  Cara Belajar Efektif untuk Pelajar dan Mahasiswa

2. Menentukan skala prioritas yang baik dan tetap terjaga.

Hal sederhana untuk membuat skala prioritas yang seimbang adalah dengan membedakan apa yang menjadi kebutuhan anda dan mana yang sekedar menjadi keinginan anda. Pastikan anda mendahulukan mana yang benar-benar menjadi kebutuhan dan abaikan keinginan anda meskipun hal ini sangatlah sulit (terutama bagi perempuan).

3. Menabung atau berinvestasi.

Setelah anda berbelanja bulanan dengan cermat dan bijak, pastikan anda bisa mengalokasikan uang sisa dalam kantong anda untuk di tabung atau berinvestasi. Hal ini tentunya akan dapat membantu mencukupi finansial anda di hari tua baik untuk kebutuhan jangka pendek maupun jangka panjang. Misalnya saja anda dan keluarga berencana mengadakan acara syukuran, ulang tahun anak, dan sebagainya. tentu saja anda perlu mempersiapkan dana dengan menabung jauh-jauh hari sebelumnya, bukan begitu? Anda bisa mulai menyisihkan pendapatan keluarga semenjak anak masih berusia dibawah 2 tahun karena semakin awal anda menabung juga akan semakin terjaga finansial anda di kemudian hari.

4. Mengelola aset keluarga.

Istri yang cerdas mengelola keuangan keluarga akan terus memaksimalkan potensinya (terus belajar) agar aset keluarga dapat berkembang secara optimal seperti yang menjadi tujuan finansial keluarganya. Perempuan bisa juga belajar mengelola aset keluarga dari sanak saudara atau berdiskusi dengan orang yang lebih berpengalaman. Dari keuangan yang tertata dengan baik inilah yang akan menjadi dampak yang besar bagi kelangsungan hidup atau kesejahteraan keluarga. Baik suami maupun istri haruslah lebih bijak lagi dalam menggunakan uang mengingat dana yang harus dikeluarkan untuk mencukupi kebutuhan keluarga sangatlah banyak.

  Google Translate Indonesia ke Inggris
Peran Penting Perempuan Dalam Mengatur Keuangan Keluarga Diperbarui: Maret 22, 2016 Penulis: admin