Seputar Kanker Kandung Kemih

Seputar Kanker Kandung Kemih

Gejala dan Pencegahan serta Pengobatan kanker kandung kemih. Penyebabnya adalah pertumbuhan sel yang tidak terkendali. kanker kandung kemih berkembang pada lapisan atau dinding kandung kemih dan kebanyakan diderita oleh kaum pria dibanding wanita.

Kandung kemih adalah otot yang berongga, seperti balon yang mengumpulkan dan menyimpan urine. Urine dihasilkan oleh ginjal yang membersihkan darah dengan menyaring air dan sampah kemudian jadilah urine. Urine keluar dari ginjal melalui tabung (disebut ureter) menuju kandung kemih dan kemudian dikeluarkan (melalui uretra).

Jenis – Jenis Kanker Kandung Kemih

Ada beberapa jenis kanker kandung kemih yang dibedakan berdasarkan cara penyebarannya, yaitu:

1. Karsinoma Sel Transisional (TCC). Kanker jenis ini adalah kanker kandung kemih yang paling umum dan berkembang di lapisan atas sel – sel yang melapisi dinding kandung kemih. Sel – sel bersentuhan dengan sampah dalam urine sehingga menyebabkan kanker.

2. Karsinoma Sel Skuamosa (SCC). Kanker jenis ini berkembang pada lapisan dinding kandung kemih yang rata.

3. Adenokarsinoma. Ini adalah jenis kanker kandung kemih yang sangat jarang terjadi. Selnya berkembang di dalam sel yang memproduksi lendir yang melapisi dinding kandung kemih.

  Penipisan Rambut Pada Wanita

4. Superficial. Kanker ini hanya terdapat di lapisan kendung kemih dan belum menyebar ke lapisan dalam dari dinding kandung kemih. Kanker ini masih jinak, biasanya merupakan tahap awal menuju sel kanker dimana tumbuh jamur kecil di lapisan kandung kemih (disebut kanker papiler)

5. Invasif Kanker Kandung Kemih. Kanker ini telah menyebar ke dinding otot kandung kemih. Sel kanker berubah menjadi invasif.

gejala-pencegahan-pengobatan-kanker-kandung-kemihGejala kanker kandung kemih yang biasa terjadi adalah:

1. Perasaan terbakar ketika ingin buang air kecil
2. Sering ada desakan untuk buang air kecil tetapi tidak keluar
3. Nyeri di panggul
4. Ada darah dalam urine

Gejala ini bisa saja bukan terkena kanker, oleh karena itu sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Penyebab Kanker Kandung Kemih

Faktor – faktor yang menyebabkan seseorang terjangkit kanker kandung kemih yaitu:

1. Merokok. Merokok tiga kali lipat meningkatkan resiko terkena penyakit ini
2. Paparan bahan kimia industri tertentu (misalnya yang digunakan dalam percetakan, pabrik tekstil, gas, besi, olahan industri aluminium)
3. Infeksi dari penyakit schistosomiasis

  Cara Merawat Kulit Muka Berminyak

Pengobatan Kanker Kandung Kemih:
1. Transurethral Reseksi Tumor, yaitu prosedur yang digunakan untuk menghilangkan pertumbuhan yang tidak biasa atau tumor pada dinding kandung kemih.
2. Mitomycin C, obat kemoterapi yang digunakan untuk menghancurkan sel-sel kanker.
3. Bedah (kisektomi). Operasi untuk membersihkan kandung kemih dari jaringan di sekitarnya. Pengobatan utama untuk sel invasif.

Pencegahan:
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit kanker kandung kemih, yaitu:
1. Berhenti merokok dapat mengurangi resiko terkena kanker kandung kemih
2. Mendapatkan cukup vitamin D. Vitamin D diproduksi secara alami oleh tubuh saat kulit terkena sinar matahari dan bisa juga diperoleh dari beberapa makanan seperti ikan. Bicarakan dengan dokter terlebih dahulu, jika ingin mengkonsumsi suplemen vitamin D.

Seputar Kanker Kandung Kemih Diperbarui: Maret 28, 2016 Penulis: admin