Tips Berkendara Jarak Jauh

Tips Berkendara Jarak Jauh

Akhir pekan sering dijadikan banyak kalangan sebagai waktu berlibur bersama pasangan atau keluarga. Banyak objek wisata yang bisa dijadikan pilihan untuk dikunjungi. Anda tentu harus memperhatikan beberapa hal seperti cara aman mengemudi, terutama jika lokasi wisata yang dituju cukup jauh dari tempat tinggal anda. Anda pasti ingin tamasya anda berjalan lancar bukan? Untuk itu anda harus menyimak beberapa tips berkendara jarak jauh supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan saat mengemudi.

tips-berkendara-jarak-jauhBerikut tips – tips berkendara jarak jauh:

  •  Pastikan kendaraan dalam keadaan baik. Sebelum melakukan perjalanan jauh, alangkah baiknya anda melakukan service terlebih dahulu pada kendaraan. Hal ini dilakukan supaya kendaraan berada pada kondisi stabil dan menghindari terjadinya mesin error.
  •  Pastikan diri anda mengemudi dalam posisi nyaman. Hal ini seringkali disepelekan oleh beberapa pengendara. Padahal posisi mengemudi yang baik akan sangat berpengaruh pada proses perjalanan. Jika anda mengemudi dalam keadaan tidak nyaman, ini dapat berpengaruh pada faktor psikis sehingga laju kendaraan menjadi tidak stabil.
  •  Memantau situasi sekeliling secara kontinyu. Anda harus senantiasa memperhatikan kendaraan lain disekeliling anda dengan fokus utama tetap ke depan. Hal ini penting dilakukan terutama saat anda ingin berpindah jalur atau mengurangi kecepatan kendaraan.
  •  Manfaatkan lampu sepion saat ingin berpindah jalur. Saat anda ingin berpindah jalur, pastikan anda telah memantau situasi belakang melalui kaca spion. Gunakan pula lampu sein untuk memberi aba-aba pada pengendara lain.
  •  Jaga jarak aman dengan kendaraan lain terutama saat anda ingin menyalip kendaraan di depan anda. Menjaga jarak aman bisa membuat anda terhindar dari risiko pengereman mendadak kendaraan dari arah depan.
  •  Lakukan safety diving saat melalui tikungan, seperti mengurangi kecepatan dan membunyikan klakson.
  Mengenal Lebih dekat dengan Kopling

 Istirahat saat merasa mulai lelah. Tips ini adalah yang paling penting saat berkendara jarak jauh. Perlu anda ketahui, penyebab paling tinggi kecelakaan adalah rasa kantuk dan lelah. Jadi jika anda mulai merasa lelah, sebaiknya jangan memaksakan untuk terus mengemudi. Istirahatlah sejenak agar perjalanan anda tetap aman dan nyaman.

Itulah beberapa tips berkendara jarak jauh yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi anda. Dengan mempraktekan beberapa tips di atas, liburan anda akan tetap aman dan menyenangkan.

Tips Berkendara Jarak Jauh Diperbarui: Maret 22, 2016 Penulis: admin