Tips Jitu Wawancara Kerja

Tips Jitu Wawancara Kerja

Mencari lowongan kerja, itulah hal yang pertama kali dilakukan bagi anda yang baru saja lulus dari bangku kuliah. Lowongan kerja biasanya banyak terdapat di internet, koran atau bahkan pamflet-pamflet di pinggir jalan. Nah, ketika anda mendapatkan kesempatan kerja yang diinginkan, pasti tak lupa ada beberapa syarat yang harus anda penuhi, salah satunya mengikuti wawancara kerja. Sejak saat itu anda berfikir, bagaimana caranya agar anda lolos dalam mengikuti wawancara kerja. Ada beberapa tips wawancara kerja yang jitu untuk anda para pencari kerja.

Tips wawancara kerja yang pertama

Tips wawancara kerja yang pertama, anda harus punya rasa percaya diri. Itu hal pertama harus anda punya ketika mengikuti wawancara kerja. Seseorang yang percaya diri biasanya memiliki gesture yang baik ketika wawancara berlangsung. Mulai dari matanya yang bercahaya dan berani beradu mata dengan para pewawancara. Face anda juga terlihat berseri dan tidak pucat ketika pewawancara membanjiri dengan pertanyaan–pertanyaan yang harus anda jawab. Tangan dan kaki pada seseorang yang percaya diri juga tidak terlihat gemetaran. Anda juga tidak akan sibuk memainkan tangan dan kaki anda ketika menjalani sebuah wawancara kerja. Jadi, pede merupakan kiat kunci, anda goal ketika mengikuti wawancara kerja.

  Cara Mengatasi Kebosanan Yang Mendera

Tips wawancara kerja yang kedua

Tips wawancara kerja yang kedua, anda harus sebisa mungkin berpenampilan menarik namun tidak senonoh. Selain itu, anda juga harus berpenampilan formal untuk terlihat good looking di depan para pewawancara. Warna pakaian juga harus anda perhatikan, atasan berwarna cerah dan bawahan berwarna gelap. Bagi perempuan, anda bisa memakai baju yang terlihat formal dengan balutan baju berkerah dan celana panjang atau rok di bawah lutut. Tak lupa pula dipadu dengan sepatu high heels yang tidak terlalu tinggi. Pakaian yang pas, tidak terlalu ketat atau tudak kebesaran, akan menambah nilai plus dalam hal penampilan anda. Bila anda laki-laki, anda bisa memakai baju berkerah dan celana panjang serta sepatu fantovel. Rambut juga harus terlihat rapi supaya menambah kesempurnaan penampilan anda.

Tips wawancara kerja yang ketiga

Tips wawancara kerja yang ketiga, anda harus berusaha bertutur kata lembut dan sopan ketika menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Bahasa yang digunakan juga harus menggunakan bahasa yang formal supaya anda terlihat sebagai orang yang tahu pendidikan. Nada bicara anda juga harus tegas dan jangan gugup meskipun anda tidak mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut. Hindari menggunakan seperti “mungkin” atau kata-kata yang bisa meragukan pewawancara. Selain itu, jawaban yang anda kemukakan jangan merendah namun juga jangan terlalu dilebih-lebihkan. Makanya, anda harus pintar-pintar mengolah dan memilih kata supaya jawaban anda bisa tepat dan pas di hati pewawancara.

  Cara Memilih Obat Jerawat yang Baik dan Sehat

tips-wawancara-kerja

Tips wawancara kerja yang terakhir adalah penguasaaan terhadap informasi tentang diri anda, mulai dari pengalaman kerja, riwayat hidup, seputar keluarga anda, dan tentunya pengetahuan anda tentang kerja yang ingin anda lamar. Jika anda benar-benar bisa menguasainya, anda pasti bisa menjawab pertanyaan yang diajukan dengan benar. Disisi lain, pewawancara pun akan terlihat puas ketika anda bisa menjawab pertanyaan mereka dengan baik, tentu dengan gaya bahasa yang baik pula.

Jadi, anda tidak perlu takut ketika mengikuti wawancara kerja karena tips-tips wawancara kerja di atas, dapat membantu anda memperoleh pekerjaan yang anda idam-idamkan. Kiat- kiat tersebut harus anda praktekkan dengan baik ketika mengikuti wawancara kerja.  Yang perlu anda ingat, jangan hanya berusaha tapi anda juga harus berdoa kepada Yang Kuasa supaya wawancara anda berjalan lancar tanpa hambatan.

Tips Jitu Wawancara Kerja Diperbarui: Maret 22, 2016 Penulis: admin