Tips Membeli Mobil Bekas Yang Aman

Tips Membeli Mobil Bekas Yang Aman

Untuk beberapa barang, kita lebih baik membeli yang bekas daripada yang baru. Pertimbangan fungsi menjadi yang utama dalam menentukan pilihan untuk membeli barang bekas. Barang- barang tersebut antara lain kendaraan, alat elektronik dan gadget atau telepon selular. Barang-barang tersebut memiliki harga purna jual yang selalu lebih rendah daripada harga beli. Ini dikarenakan barang-barang tersebut tidak bersifat investasi dan selalu berinovasi dengan model, gaya serta teknologi yang baru sehingga menurunkan harga purna jualnya. Namun, tidak semuanya barang bekas dalam kondisi baik. Oleh karenanya, bagi anda yang hendak membeli mobil bekas, wajib hukumnya untuk mengetahui tips membeli mobil bekas yang aman.

Membeli mobil bekas tidak sama dengan membeli alat elektronik atau gadget bekas. Mobil mempunyai harga yang masih lumayan tinggi walaupun selalu dibawah harga saat membeli. Tips membeli mobil bekas akan memandu anda mendapatkan mobil yang aman dan nyaman dalam berkendara. Untuk membeli mobil akan lebih baik anda mempertimbangkan kebutuhan akan transportasi anda. Jika dirasa memerlukan mobil untuk kebutuhan sehari-hari lebih baik anda menyiapkan anggaran untuk membelinya. Tips jitu dalam membeli mobil bekas dapat anda terapkan saat anggaran telah anda siapkan.

  Semua Tentang Mobil Hibrida

Pemasaran mobil bekas saat ini sangat marak. Penjualan melalui bursa mobil bekas, iklan di surat kabar, maupun iklan melalui situs jual beli online dan internet banyak dikunjungi peminat mobil. Dari beberapa sarana promosi tersebut, pastinya anda harus memeriksa kondisi mobil bekas yang anda minati. Salah satu tips membeli mobil bekas yang cerdas adalah anda harus mempunyai gambaran mobil yang anda butuhkan adalah mobil yang mempunyai fitur apa dan berapa kisaran harganya. Jika sudah menemukan, maka anda lebih baik menegosiasikan harga agar mendapatkan kesepakatan harga yang lebih miring.

Tips yang aman dalam membeli mobil bekas bertujuan untuk mengantisipasi kesalahan yang anda perbuat dalam negosiasi pembelian mobil bekas. Biasanya, kesalahan ini ditemui pada saat mobil bekas sudah anda beli. Tips membeli mobil bekas secara teknis antara lain adalah mencari tahu sejarah tentang mobil bekas yang akan anda beli, sebisa mungkin lakukan test drive, periksa semua indikator, periksa tanda-tanda kerusakan, periksa sistem keamanan, dan waspada terhadap pemalsuan odometer. Dengan pengecekan ini, anda dapat mengetahui sejauh mana kualitas mobil bekas yang akan anda beli.

  Tips supaya Motor anda Melaju semakin cepat

Tips membeli mobil bekas

Tips membeli mobil bekas berikutnya adalah tips mengenai legalitas mobil. Telah diketahui bersama bahwa pemilikan mobil harus disertai surat-surat resmi dan lengkap agar aman untuk dikendarai. Periksa kelengkapan surat-surat, seperti BPKB dan STNK dan kroscek ke Kantor Samsat setempat agar diketahui mobil tersebut bermasalah atau tidak. Selanjutnya, anda harus memeriksa masa pajak, kesesuaian antara nomor rangka dan mesin serta faktur jual belinya. Ini mengantisipasi agar anda terhindar mendapatkan mobil hasil curian dan berhutang pajak.

Saran dalam membeli mobil bekas terakhir adalah ketahui tahun pembuatan dan harga pasarannya untuk disesuaikan anggarannya. Kemudian, mintalah fotokopi KTP atau tanda identitas lainnya dari penjual serta nomor kontak yang dapat dihubungi agar anda tidak mengalami kesulitan saat hendak mengurus balik nama. Yang paling penting juga dalam tips membeli mobil bekas adalah belilah mobil bekas di showroom atau dealer mobil bekas yang terpercaya. Dengan beberapa tips tersebut, diharapkan anda tidak membeli mobil bekas beserta masalah yang dihadapinya.

Artikel sebelumnya: Tips jitu wawancara kerja >>>

Tips Membeli Mobil Bekas Yang Aman Diperbarui: Maret 22, 2016 Penulis: admin