Tips Mengatasi Alergi Debu

Tips Mengatasi Alergi Debu

Apakah alergi debu itu? Yang menyebabkan reaksi alergi debu adalah adanya tungau debu yang merupakan organisme mikroskopis yang ada pada debu dan kotoran. Dengan melakukan beberapa tindakan pembersihan dapat mengurangi sebagian besar gejala yang diakibatkan oleh tungau debu seperti mata berair, bersin, hidung gatal dan batuk.

Agar bisa menyingkirkan tungau debu ini, Anda harus mengetahui tentang cara hidupnya. Tungau debu menyukai tempat yang memiliki suhu 70 F atau lebih tinggi dengan kelembaban 75% – 80%. Makhluk kecil ini tidak bisa bertahan di tempat dingin atau tempat yang kering.

Tungau debu suka makan kulit mati dari hewan peliharaan dan manusia. Jika Anda sering mengalami proses ganti kulit, sudah cukup untuk memberi makan satu juta tungau debu. Serpihan kulit mati di karpet, tempat tidur dan furniture adalah makanan ringan bagi tungau debu.

Cara Mengatasi Alergi Debu

mengatasi-alergi-debu
1. Cuci seprei tempat tidur seminggu sekali, rendam dalam air panas karena tungau debu senang tinggal di tempat tidur. Mereka bertahan hidup dengan memakan sel-sel kulit mati yang dilepaskan tubuh setiap malam. Dengan mencuci seprei, sarung bantal dan selimut dalam air panas sulit bagi tungau debu untuk bertahan hidup.

  Cara Membuat Akun Twiter

2. Mengatasi alergi debu bisa dilakukan dengan menghilangkan karpet di dalam rumah. Banyak penderita alergi debu yang melaporkan adanya penurunan tajam dalam gejala alergi ketika tidak menggunakan karpet lagi. Adanya gravitasi, banyak sel-sel kulit mati yang jatuh ke lantai dan karpet dimana tungau debu bisa berkembang dengan sangat cepat.

3. Gunakan tirai untuk menutupi jendela. Tirai yang terbuat dari plastik lebih mudah untuk dibersihkan dan bebas dari debu. Memiliki rumah yang bebas debu berarti pula bebas dari tungau debu.

4. Menyingkirkan setiap boneka yang tidak dapat dicuci dalam air panas, apalagi bila Anda sering tidur dengan boneka tersebut selama bertahun-tahun. Dalam banyak penelitian, boneka telah terbukti sebagai magnet tungau debu.

5. Sering membersihkan lantai dengan pel atau kain basah.

6. Jika karpet harus ada dalam rumah, vakum karpet dua kali seminggu atau cuci karpet dalam air panas. Vacum juga furniture seperti sofa dan furniture lainnya yang terbuat dari logam atau kayu.

7. Gunakan hygrometer untuk mengatur kelembaban di rumah Anda agar tetap di bawah 55%. Alat ini bisa didapatkan di toko peralatan hardware atau toko bangunan.

  Cara memutihkan ketiak dengan cepat

8. Gunakan AC dengan kelembaban yang rendah. Pastikan AC menggunakan filter yang baik dan ganti filter tiap tiga bulan.

Perlu pula diketahui bahwa hewan peliharaan merupakan pemicu dari alergi debu secara umum, jadi menjaga kebersihan hewan peliharaan sangat penting. Jika Anda mengalami alergi debu yang parah, tanyakan pada dokter cara mengatasi alergi debu tersebut, mungkin saja Anda perlu mendapatkan beberapa resep obat alergi. Misalnya obat Antihistamin yang bisa meredakan gatal, bersin dan mata berair.

Tips Mengatasi Alergi Debu Diperbarui: Maret 22, 2016 Penulis: admin