10 Tips Menghadapi Wawancara Kerja

10 Tips Menghadapi Wawancara Kerja

Wawancara kerja (interview) adalah proses yang umum dilewati oleh setiap pelamar pekerjaan. Selain tes tertulis seperti psikotes, wawancara adalah syarat yang diwajibkan oleh hampir semua perusahaan. Di sinilah perusahaan berkesempatan menilai secara langsung profil seorang pencari kerja. Bagi pencari kerja, ini juga kesempatan yang baik untuk mengenal lebih jauh perusahaan tersebut serta hal-hal lain seperti negosiasi gaji.

Walaupun sudah umum, faktanya tidak semua orang dapat melewati wawancara kerja dengan baik. Bahkan bagi sebagian orang, inilah proses yang paling ditakuti dibanding ujian tertulis atau psikotes. Anda ingin sukses melewati wawancara kerja? Berikut tips sukses menghadapi wawancara kerja yang dapat Anda ikuti berdasarkan pengalaman saya dan beberapa referensi.Tips Menghadapi Wawancara Kerja

  1. Persiapkan diri dengan baik. Perhatikan kesehatan dan penampilan Anda. Tentu manajer HRD (SDM) tidak akan memilih orang yang kelihatan lesu, lusuh, dan kotor. Berpakaianlah sewajarnya dan sesuai dengan pekerjaan yang dilamar. Jangan memakai perhiasan dan aksesoris yang berlebihan.
  2. Pelajari profil perusahaan tersebut. Anda dapat mencarinya di website perusahaan atau di brosur company profile. Lebih baik lagi jika beberapa hari sebelumnya datang ke perusahaan itu dan “mewawancarai” beberapa orang yang bekerja di sana. Semakin Anda mengenal perusahaan itu, maka mereka akan semakin senang. Berarti Anda benar-benar tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut.
  3. Perhatikan tingkah laku (attitude) pada saat wawancara. Berlakulah sopan tetapi tidak terkesan takut dan tegang.
  4. Tetap tenang dan tersenyumlah secara wajar. Jika Anda grogi atau takut, bayangkan hal-hal lucu yang menimpa pewawancara. Seperti: bayangkan bulu hidungnya keluar 10 cm dan menyebar ke kiri-kanan seperti kumis Doraemon.
  5. Jawablah pertanyaan dengan tepat dan lugas. Jangan melebar pada hal-hal yang kurang penting. Fokus pada apa yang ditanya.
  6. Berilah keterangan yang jujur.
  7. Sampaikan kelebihan-kelebihan Anda yang bisa “menjual” diri Anda.
  8. Jika ditanya kekurangan Anda, sampaikan secara bijak. Jangan bilang Anda seorang yang pemalas, tidak disiplin, kurang teliti, mau enaknya saja, tidak suka diperintah dan sebagainya. Walaupun sebenarnya Anda seperti itu. Anda dapat lebih bijak dengan mengatakan satu kekurangan Anda dengan mengemasnya, seperti: “Kekurangan saya suka menganggap pendapat saya yang paling benar. Sehingga saya akan terus berusaha sampai pendapat saya itu terbukti.”
  9. Jika diberi kesempatan bertanya, bertanyalah. Gunakan kesempatan itu dengan baik.
  10. Di akhir wawancara, ucapkan terima kasih karena telah diberi kesempatan. Jabatlah tangan pewawancara Anda.

Demikian tips wawancara kerja kali ini. Semoga berguna dan sukses untuk Anda.

Oleh: M. Deman Putra Tarigan

10 Tips Menghadapi Wawancara Kerja Diperbarui: Maret 26, 2016 Penulis: admin