Tujuh Cara Jitu Memulai Bisnis

Tujuh Cara Jitu Memulai Bisnis

Menjadi entrepreneur atau wirausaha adalah passion bagi sebagian orang. Ya, menjadi pengusaha dan tidak bekerja di bawah orang lain merupakan tantangan tersendiri. Bagi entrepreneur pemula, salah satu tantangan dalam memulai bisnis adalah menentukan jenis dan ide bisnis yang akan digelutinya. Ada beberapa cara bagi pemula yang ingin membuka bisnis. Berikut merupakan tips dan trik dari mamaeka.com agar kamu dapat memulai bisnis:

1. Kembangkanlah Ide yang Datang

Kamu dapat memanfaatkan ide yang datang di dalam benak dengan cara segera mencatat dan mengkaji idemu agar mudah direalisasikan. Ide akan menjadi berharga apabila segera direalisasikan ke dalam bentuk usaha yang nyata. Pengkajian juga menjadi poin yang penting karena tidak semua ide yang kamu miliki berpotensi menjadi usaha yang berkembang di masa yang akan datang.

2. Tentukanlah Pasar Pembeli

Menentukan target dan sasaran pembeli yang akan disasar merupakan salah satu pengkajian ide bisnis yang paling vital. Penentuan ini sangat penting agar target pasar menjadi jelas. Segmentasi pasar dapat disasar berdasarkan umur, jenis kelamin, pekerjaan, dan tempat tinggal. Kamu tidak perlu memaksakan diri untuk menyasarkan produk ke semua kalangan sebagai calon pembeli. Dengan memfokuskan target pasar, maka produkmu akan menjadi lebih tersegmentasi dan dapat mencari cara promosi yang efektif dan terfokus.

  Cara Bikin NPWP Pribadi Secara Manual dan Online

3. Pikirkanlah Modal yang akan digunakan

Meskipun bukan menjadi yang utama, disadari maupun tidak disadari, modal menjadi item yang sangat penting untuk memulai usaha. Pikirkanlah dan buatlah daftar modal yang kamu perlukan, seperti berapa banyak modal yang kamu butuhkan. Bila kamu memiliki kesulitan untuk mencari modal, kamu dapat menjalin kerjasama dengan pemerintah, inkubator bisnis, ataupun angel investor.

4. Pilihlah Lokasi

Lokasi menjadi bagian terpenting untuk membuka bisnis. Hal ini akan sangat mempengaruhi terhadap penjualan tentang produk yang kamu jual. Pilihlah lokasi yang sesuai dengan bisnis yang dijalankan. Kemudian lihat plus dan minus pada saat kamu akan memilih lokasi tersebut.

5. Hitunglah Biaya untuk Memulai Bisnis

Penghitungan biaya penting untuk dilakukan, karena hal ini akan memperjelas berapa biaya dan modal yang dibutuhkan. Biaya-biaya itu dapat berupa biaya listrik, bahan baku, karyawan, dan sewa tempat. Selain itu, dengan menghitung biaya, kamu juga dapat mengetahui seberapa besar profit yang dapat kamu raup dalam bisnis tersebut.

6. Tentukanlah Strategi Pasar

Tujuh Cara Jitu Memulai Bisnis

Strategi pasar tentu sangat penting sebagai langkah untuk memajukan usaha. Pilihlah strategi yang tepat untuk dilakukan. Kamu juga perlu mempelajari kompetitor yang menjalani usaha yang sama. Setiap strategi yang kamu lakukan perlu dievaluasi di setiap langkah yang diambil untuk memajukan bisnis Anda.

  6 Tips penting Untuk Meningkatkan Komisi Afiliasi Reseller Anda

7. Buatlah pembukuan sederhana

Salah satu kesalahan yang umum dilakukan wirausahawan adalah mencampurkan keuangan pribadi dengan keuangan bisnis. Hal ini dapat dilakukan dengan mencatat dan menyimpan semua bukti transaksi.

Demikian merupakan tips jitu memulai bisnis dari mamaeka.com. semoga berguna buat Anda yang hendak memulai usaha. Salam sukses!

Tujuh Cara Jitu Memulai Bisnis Diperbarui: Maret 22, 2016 Penulis: admin