Yoga Bisa Membantu Penderita Kanker Untuk Tidur Lebih Nyenyak

Yoga Bisa Membantu Penderita Kanker Untuk Tidur Lebih Nyenyak

mamaeka.com – Yoga selama ini dikenal dengan metode meditasi yang dilakukan oleh seseorang untuk mendapatkan ketenangan pikiran di tengah kesibukan mereka yang kadang berujung pada stress atau kejenuhan pikiran. Dengan yoga, maka seseorang bisa mendapat ketenangan pikiran sehingga mereka bisa menjalani rutinitas seperti biasa dengan suasana hati dan pikiran yang kembali segar.

Selain itu, ternyata manfaat yoga juga bisa membuat para penderita kanker bisa tidur lebih nyenyak. Biasanya, penderita kanker akan menggantungkan dirinya pada obat tidur yang bisa membantu mereka terlelap. Hal ini diungkapkan langsung oleh seorang peneliti wanita yang pernah mengidap kanker payudara. Dalam penelitiannya, ia mengungkapkan bahwa dengan melakukan yoga sebanyak dua kali dalam kurun waktu satu minggu, penderita kanker akan bisa emningkatkan kualitas dan durasi tidur mereka. Tentu dengan adanya penelitian ini, dokter yang khusus menangani penyakit kanker dapat memberikan standar berbeda pada pasien mereka pasca penyembuhan kanker agar tidak selalu menggantungkan diri pada obat yang bisa membantu mereka untuk memejamkan mata.

  Cara Mengatasi dan Mengobati Panu

Menurut peneliti yang bernama Karen Mustian tersebut, yoga memiliki manfaat yang sangat besar bagi pasien insomnia guna membantu mereka untuk meningkatkan kualitas tidur sehari-harinya. Menurut Mustian, 30 hingga 90% penderita kanker yang telah sembuh selalu mengalami insomnia karena hal ini merupakan efek dari segala ritual pengobatan yang mereka jalani semasa sakit, seperti kemoterapi, radiasi, operasi, serta terapi hormon.

Yoga Bisa Membantu Penderita Kanker

Manfaat Yoga

Dan untuk mengatasi masalah ini, ternyata yoga adalah jawabannya. Dengan yoga, maka tekanan darah pasien yang bersangkutan akan menurun dan yoga bisa juga mengatasi kecemasan, insomnia, serta masalah depresi yang dirasakan oleh pasien. Hasil penelitian tersebut diketahui ssetelah para peneliti mengadakan riset kepada 410 orang pasien kanker yang telah sembuh di wilayah Amerika. Riset yang partisipannya rata-rata berusia 54 tahun ini menunjukkan bahwa pasien yang melakukan yoga secara teratur bisa mengurangi dosis pemakaian obat tidur mereka. pengurangan dosis dari seluruh pasien yang diambil dari 12 kota di Amerika ini mencapai 21% per minggunya. Sedangkan pasien yang tidak melakukan yoga terbukti menambah dosis pemakaian obat tidur mereka sebesar 5% per minggu.

  Apakah Magnet Dapat Meringankan Nyeri

Penulis: Holili Sutedjo

Ditulis untuk mamaeka.com

>> Simak juga artikel kami yang lain tentang cara mencegah penyakit batu ginjal. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Yoga Bisa Membantu Penderita Kanker Untuk Tidur Lebih Nyenyak Diperbarui: Maret 22, 2016 Penulis: admin